Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Berkicau Gacor

cara merawat burung perkutut

Dari jaman dulu hingga saat ini, burung perkutut merupakan jenis burung kicauan yang memiliki cukup peminatnya, buktinya saat ini eksistensi dari burung ini tetap ada, meskipun tidak sepopuler dengan burung lainnya, seperti murai batu, kacer, lovebird dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis burung perkutut yang biasa di pelihara kicaumania Indonesia, seperti burung perkutut local dan Bangkok. Namun , untuk memaksimal kemampun dair burung tentunya membutuhkan perawatan yang tepat dan rutin untuk mencapainya, apapun jenis burung perktutut yang dimiliki.

Burung perkutut bukan jenis burung yang rewel atau bukan burung yang sulit untuk dipelihara, seperti burung cililin, anis merah dan lain sebagainya. Jadi dengan perawatan yang mudah untuk dilakukan, maka hal tersebut menjadi salah satu hal yang membuat para kicaumania betah untuk memeliharanya.

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Berkicau Gacor

Banyak factor yang akan kita bahas kali ini untuk membuat burung menjadi rajin untuk berkicau, karena untuk mendorong burung menjadi gacor memang membutuhkan banyak hal yang dibutuhkan, salah satu menjaga kesehatan burung secara menyeluruh, karena ketika burung perkutut memiliki kesehatan yang baik, maka akan membuatnya menjadi rajin gacor dan aktif.

Jika anda ingin memilih burung perktut untuk mendapatkan kualitas kicauannya , maka pilihlah jenis burung yang memiliki kelamin jantan, karena suara kicauan dari jantan lebih baik dan sering untuk berkicau, terlebih burung tersebut dalam keadaan birahi dan ingin kawin.

Untuk membedakan kelamin burung perkutut jantan dan betina bsia dilihat dari bentuk fisik yang tegang dan lebih besar untuk jantan dan juga ekor, kaki yang terlihat rapat.

  1. Membersihkan Kandang Perkutut

Jenis burung kicauan apapun, pernting untuk menjaga kebersihan kandang, karena ketika kandang kotor, maka akan mengundang berbagai macam penyakit yang akan menyernag kesehatan burung dan juga burung tidak akan nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Bersihkan kandang tekukur dari kotoran yang menumpuk dan juga sisa pakan yang jatuh di bawah kandang.

  1. Pakan Burung Perkutut

Banyak pakan yang biasa di konsumsi oleh burung perktut, agar burung memiliki gizi yang tercukupi maka bisa dengan ngemix pakan secara bergantian. Adapun pakan burung perkutut antara lain : kacang-kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah jagung, jangkrik, ulat hongkong, serangga,kroto .

Selain pakan yang bisa diberikan pada burung perkutut membutuhkan minuman yang bersih untuk membuat kesehatannya terjaga, selain itu untuk membantu kualitas kicauannya menjadi lebih baik, maka bisa dengan memberikan kencur.

Untuk memberikan kencur bisa melolohnya secara langsung atau juga dengan mencampurkannya kedalam minuman yang disimpan dalam kandang.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Perkutut Mabung

  1. Masteran Burung Perkutut

Agar burung memiliki kicauan terbaik, maka membutuhkan suara masteran yang sudah gacor dan nantinya untuk ditirukan untuk burung perkutut anda.

Memaster burung perkutut bisa menggunakan Mp3 yang di putar, dan untuk mendapatkan suara masteran dan cara melakukannya bisa melihat di halaman ini, Lihat : Download Suara burung perkutut Mp3 .

  1. Memandikan dan Menjemur Perkutut

Memandikan burung memiliki manfaat untuk kesehatan burung itu sendiri dengan membersihkan bulu yang kotor dan dapat membuatnya menjadi segar kembali dan membuatnya menjadi aktif dan menjadi rajin untuk berkicau.

Jemur burung perkutut setelah dimandikan sekitar jam 07. 00 – 10.00  hingga bulunya menjadi kering kembali.

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Berkicau Gacor | duniakicau | 4.5