fbpx

Ciri-ciri Burung Trucukan Jantan dan Betina yang Akurat

Suara ropel yang khasdari burung trucukan mirip seperti suara burung cucak rowo, sehingga meskipun burung ini jarang kelas lomba kicau, burung ini memiliki cukup banyak peminatnya karena kualitas suara yang dimilikinya tersebut.

Bisa di bilang, burung trucukan merupakan burung jadul, dalam artian burung ini sudah di pelihara dari kalangan pecinta burung Indonesia jaman dulu hingga saat sekarangpun masih memiliki cukup banyak peminat.

Meskipun begitu, harga dari burung trucukan terbilang stabil, dan meskipun ada perubahan harga, harganya tidak terlalu jauh.

Dan bahkan di kios-kios atau pasar burung, harga trucukan sering mengalami kenaikan harga, meskipun tidak terlalu signifikan.

Perbedaan Burung Trucukan Jantan dan Betina

Bagi anda yang berencana untuk memelihara burung trucukan, sebaiknya pilih burung trucukan jantan, karena meskpiun trucukan betina bisa mengeluarkan suara ropel, namun suara jantan lebih bagus.

Lihat Juga : Download Suara Burung Trucukan Gacor Mp3

Dimana betina trucukan sama-sama bisa ngeropel seperti jantan, namun suaranya tidak terlalu panjang dan putus-putus.

Cara membedakan burung trucukan jantan dan betina memang cukup sulit, karena sekilas antara jantan dan betina trucukan hampir mirip.

Mitos Perbedaan Trucukan Jantan dan Betina

Sebelum menjelaskna tentang cara membedakan trucukan jantan dan betina, maka sebaiknya simak terlebih dahulu tentang mitos yang beredar perihal perbedaan trucukan jantan dan betina, seperti :

  • Warna Mulut dan Lidah

Warna mulut dan lidah bewarna kuning sering di anggap sebagai ciri, trucukan tersebut berjenis kelamin jantan dan bersuara bagus, padahal warna lidah dan mulut kuning tersebut menandakan burung sudah mapan atau dewasa, karena semakin dewasa, maka suara burung trucukan akan semakin bagus begitu juga warna lidah dan mulutnya semakin kuning.

  • Ekor Burung Trucukan

Ekor burung trucukan yang seperti membentuk hurup “ V “, bukan ciri trucukan jantan, namun bentuk ekor tersebut menandakan trucukan dalam kondisi top Ferforma  atau dalam kondisi onfire.

Lihat Juga : Cara Merawat Trucukan Anakan Agar Cepat Gacor

  • Postur Tubuh Trucukan

Besar atau kecil ukuran tubuh trucukan jantan dan betina tidak bisa di jadikan patokan untuk menentukan jenis kelaminnya jantan atau betina, karena trucukan jantan maupun betina ada yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dan besar.

Tapi, untuk mengetahui perbedaan trucukan jantan dan betina bisa di lihat dari ukuran tubuh dan panjang ekor jantan lebih panjang dari betina, dan postur tubuh ketika berdiri, trucukan jantan lebih gagah.

  • Trucukan Ngleper

Betina dan jantan burung trucukan sama –sama sering ngeleper ketika sedang birahi atau masa ketika sudah memasuki sudah mau produksi, untuk itu gaya ngleper burung trucukan tidak bisa menentukan jenis kelaminnya seperti apa.

Gaya ngleper tersebut merupakan gaya, dimana burung sedang menarik perhatian pasangannya, karena burung ingin kawin.

Lihat Juga : Perawatan Burung Trucukan Agar Ngeropel dan Nge-garuda

  • Warna Bulu Trucukan

Satu lagi yang sering banyak salah sangka untuk membedakan trucukan jantan dan betina adalah warna bulu burung yang mengkilap.

Warna bulu yang mengkilap pada trucukan sebenarnya menandakan burung memiliki asupan pakan yang lengkap dan bergizi, sehingga bulu di sektitar tubuhnya di lapisi oleh minyak yang cukup, sehingga burung dalam keadaan sehat, dan bulu yang banyak di lapisi oleh minyak yang di produksi dari dalam tubuhnya tersebut akan tidak mudah basah ketika terkena air.

Ciri-ciri Truckan Jantan dan Betina

  • Jambul Trcukan

Truckan jantan akan sering mengangkat jambulnya  berdiri tegak, sehingga burung akan terlihat gagah, sedangkan betina trucukan jambulnya jarang di angkat dan ketika di angkatpun tidak berdiri secara seluruhnya sehingga terlihat pendek.

  • Bulu Halus di Belakang kepala

Ketika berumur 2- 3 bulan trucukan jantan akan memiliki bulu halus di sekitar belakang kepalanya, sedangkan untuk betina tidak memiliki bulu halus tersebut di belakang kepalanya.

  • Lingkaran Mata Trcukan

Trucukan betina dan jantan sama-sama memiliki lingkaran mata, namun lingkaran mata jantan bewarna hitam pekat, bulat solid dan tebal, sedangkan betina lingkaran matanya tipis dan warnanya pudar.

  • Bulu Telingan Trucukan

Burung trucukan memiliki bulu di sekitar telinganya, baik itu jantan dan betina, tapi untuk jantan bulunya lebih tebal dan menonjol ke depan, dan bulu telinga betina trucukan tipis dan tidak menonjol keluar dan terkadang ada yang memiliki bulu yang sangat sedikit, sehingga lubang telinganya terlihat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Trucukan Malas Bunyi

  • Postur Tubuh Trucukan

Ukuran tubuh jantan dan betina sama-sama ada yang memiliki ukuran yang kecil dan besar.

Tapi untuk jantan ekor dan tubuhnya lebih panjang, dan ketika sedang berdiri tegak akan terlihat gagah.

Karakter Trucukan Jantan :

  1. Pada umunya suara jantan lebih nyaring dan keras
  2. Pada umunya, rata-rata jantan trucukan yang sudah dewasa akan memiliki suara yang panjang ropelnya dan ngerol. Namun, ada juga trucukan jantan yang memiliki suara ropel putus-putus atau pendek, namun kicauannya bervariasi
  3. Masih tetap rajin untuk bunyi meskipun dalam masa mabung

Karakter Trucukan Betina :

  1. Suara betina trucukan volumnya kurang nyaring dan kecil
  2. Lebih sering mengeluarkan suara panggilan di banding suara ropelnya
  3. Suara kicauan trucukan betina monoton
  4. Ketika sedang nylam atau mabung jarang bunyi

Demikian penjelasan kali ini kami sampaikan seputar ciri-ciri trucukan jantan dan betina dengan melihat dari ciri fisik dan karaktarnya.

Leave a Comment