Cara Merawat Burung Jalak Nias Bakalan Agar Rajin Berkicau

Dalam perawatan burung jalak nias yang masih bakalan tentunya memiliki perbedaan dengan burung jalak yang sudah dewasa.

Harga burung jalak nias yang sudah dewasa dengan kicauan yang baik, akan memiliki harga yang lebih mahal dari yang masih anakan atau bakalan. Dan, memilih anakan jalak nias untuk dipelihara yang memiliki buget yang sedikit menjadi hal yang di pertimbangkan.

Namun, untuk membuatnya tumbuh dewasa dengan kemampuan berkicau yang baik, perlu proses dan perawatan yang tepat.

Cara Merawat Burung Jalak Nias Bakalan

Burung jalak nias, memiliki kicauan yang cerewet, karena burung tersebut mampu berkicau dari pagi hingga sore hari.

Dan meskipun burung ini tergolong masih anakan juga mudah untuk gacor, asalkan dalam perawatannya di perhatikan, seperti menjaga kebersihan, pemberian pakan dengan gizi yang seimbang dan lain sebagainya.

Selain itu, burung jalak nias mampu menirukan kicauan burung lainnya, termasuk bisa menirukan suara manusia.

Lihat Juga : Harga Burung Jalak Nias

  1. Beri Waktu Untuk Beradaptasi

Jika burung jalak nias yang ada pelihara baru saja di beli di penangkaran atau beli dari hasil tangkapan hutan, maka untuk beberapa minggu burung di simpan yang sepi dan nyaman.

Guna untuk membuat burung jalak nias menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, agar burung tidak stress. Setelah burung terbiasa dengan lingkungan barunya tersebut, maka baru ke tahap selanjutnya entah itu proses penjinakan, jika belum jinak, atau bisa melakukan perawatan harian yang akan di lakukan oleh pemiliknya.

  1. Kebersihan kandang

Menjaga kebersihan kandang dan tubuh burung memiliki manfaat yang dapat membuat menjadi rajin berkicau dan aktif.

Nah, karena kebersihan kandang sangat penting untuk di dapatkan oleh burung itu sendiri, maka setiap 2 sampai 3 kali sangkar burung di bersihkan dari kotoran yang tercampur sisa pakan yang jatuh dan juga mengganti air yang sudah kotor dan juga mengganti pakan.

  1. Penjemuran dan memandikan

Selain sangkar yang harus di bersihkan, burung itu sendiri harus di pastikan bersih dari kutu, kuman, bakteri atau virus yang menempel pada bulunya.

Karena, jika bulu burung kotor, maka akan kemungkinan kesehatan burung akan terganggu, termasuk kemampuan berkicau.

Mandikan burung pada pagi hari, di angin-anginkan sebentar, lalu di jemur di bawah sinar matahari untuk membuat bulunya kering kembali.

  1. Pemasteran

Pemasteran dilakukan untuk membuat kicauan burung jalak nias bakalan meningkat kemampuannya dengan memutar suara Mp3 yang di putar secara rutin.

Putar secara rutin suara masterannya beberapa jam setiap harinya, sehingga suara masteran yang sering didengarnya dapat di tirukan oleh burung tersebut.

Lihat Juga : Suara Burung Jalak Nias

  1. Atur Pemberian Pakan

Agar burung sehat, maka peranan pemberian pakan harus memenuhi kebutuhan gizi hariannya, sehingga burung aktif dan rajin untuk berkicau. Seperti memberikan pakan yang bersumber dari nabati dan hewani.

Adapun untuk takaran pakan yang bisa di berikan pada burung jalak nias antara lain :

  • Berikan pakan pisang pepaya setiap harinya yang disimpan di sangkarnya sebagai asupan Vitamin harian burung
  • Sediakan selalu pakan voer untuk memenuhi gizi burung, karena biasanya kandaungan gizi pada voer memiliki kandungan cukup lengkap. Akan tetapi pastikan voer yang di berikan memiliki kandungan protein yang tinggi
  • Setiap hari berikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong 3 ekor yang di berikan pada pagi dan sore

 

Nah, demikianlah penjelasan kali ini tentang perawatan burung jalak nias bakalan yang bisa di terapkan sekarang juga.

Leave a Comment