Harga dan Cara Mencetak Lovebird Biola

 

Lovebird merupakan jenis burung peliharaan yang memiliki peminat yang banyak di Indonesia, entah itu di pelihara untuk lomba kicauan atau juga di pelihara untuk lomba keindahan warna.

Dengan memiliki kelebihan yang dimiliki oleh burung lovebird tersebut, tentunya dari peminat yang ada terus bertambah, dan yang paling terkenal salah satunya adalah jenis lovebird biola, dimana lovebird biola, di pelihara bukan hanya karena keindahan warnanya, akan tetapi lovebird biola juga memiliki prosfek yang dapat mengeluarkan suara kicauan ngekek panjang yang bisa di ikut lomba kicauan.

Lovebird biola yang cukup di kenali banyak orang adalah jenis green biola, dimana warna hijau menjadi warna dominan yang dimiliki jenis burung lovebird tersebut, ditambah warna orange atau sable read di bagian leher hingga kepalanya.

Harga lovebird biola memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird sayur yang bisa ditemukan dengan mudah, dan tentunya dengan harga jual yang tinggi , bisa menjadi daya tarik peternak lovebird untuk melakukan di bandingkan dengan ternak lovebird sayur.

Karena , selain harga jual yang lebih tinggi, ternak lovebird pada umumnya untuk biaya beternak, sama saja, yang membedakan adalah harga dari indukannya. Bayangkan, dengan biaya produksi yang sama, namun jual lovebird lebih mahal biola, tentunya lebih menguntungkan ternak lovebird biola. Namun , untuk melakukannya membutuhkan modal yang lebih besar untuk membeli indukannya, karena mengingat harga indukan lovebird relative lebih mahal dibandingkan dengan harga burung lovebird sayur.

Lihat : Harga Burung Lovebird

Akan tetapi, dengan produksi beberapa anakan dari lovebird biola itu sendiri, bisa mengembalikan modal. Misalkan, untuk membeli indukan biola membutuhkan modal 10 juta rupiah, dengan 1 kali produksi dengan 4 anakan lovebird saja, bisa mengembalikan modal dalam pembelian indukannya.

Jenis-jenis Lovebird Biola

Lovebird biola memiliki jenis-jenisnya, yang di sesuaikan dengan warna yang dimilikinya, seperti warna hijua, biru dan warna lainnya.

Sebelum menjelaskan tentang harga lovebird biola dan cara mencetaknya, maka ketahui terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya, karena setiap warna yang ada memiliki harga yang berbeda pula, yang nantinya bisa kalian pilih untuk di ternak.

  1. Lovebird Biola Green

lovebird biola green

Lovebird biola jenis ini merupakan biola standar yang memiliki warna orange atau red sable di bagian leher hingga kepalanya dan memiliki warna hijau di bagian tubuh bawahnya dengan motiv batik yang menghiasi keindahan bulunya.

  1. Lovebird Biola Partblue

Lovebird Biola Parblue

Jika kalian ingin mencetak lovebird biola partblue, maka bisa dengan mengawinkan lovebird warna partblue betina dan biola blue. Meskipun jenis lovebird biola ini cukup jarang untuk di temui dan hanya sedikit yang bisa ditemukan dari para breeder atau peternak lovebird.

  1. Lovebird BIola Lutino

lovebird biola lutino

Lovebird biola lutino hampir mirip dengan lovebird lutino mata marah dengan memiliki warna kuning di bagian bawah tubuhnya dan memiliki warna sable red atau orange dibagian leher hingga kepalanya. Namun , jika yang bingung untuk membedakannya, maka bisa dengan melihat dari warna sable red atau orange di bagian lehernya yang terlihat jelas cerah dan mencolok untuk lovebird biola lutino.

  1. Lovebird Biola Euwing

lovebird biola ewing

Lovebird Euwing secara umum memiliki bentuk sayap yang menyerupai hurup “V” dibandingkan dengan jenis lainnya, termasuk lovebird biola euwing ini.

Seperti lovebird biola pada umumnya, warna sable red atau orange di bagian leher hingga kepalanya menjadi ciri khas dan memiliki bulu warna hijau/hitam dan warna kuning di bagian tubuh bawahnya dan tentunya memiliki motiv batik yang menjad ciri khas lovebird biola.

  1. Lovebird Biola blue ovaline

lovebird biola biru

Lovebird Biola blue ovaline memiliki bulu yang warna biru di bagian tubuh bawahnya dengan motiv batik di bagian sayapnya dan memiliki warna putih ( sable head ) di bagian leher hingga kepalanya, seperti warna bulu leher burung elang.

Cara Mencetak Lovebird Biola

Dalam setiap beternak lovebird biola, tidak selalu menghasilkan anakan lovebird biola, tergantung kawin silang antara kedua indukannya. Namun hal yang pasti, ketika lovebird biola green jantan dan betina, maka bisa menghasilkan anakan lovebird biola, entah itu anakan jantan dan juga betina.

  1. Hijau standar atau josan ( Split )

Seperti yang telah disampaikan di atas, setiap ternak lovebird biola, tidak selalu menghasilkan anakan biola pula. Misalkan mengawinkan Jantan blue fishcery x Betina Green Biola, maka akan menghasilkan warna anakan hijau standar atau josan ( Split ), namun untuk gen dari anakan betina hasil kwain silang tersebut akan terputus, dan anakan josan jantan tetap memiliki Gen Biola.

  1. Split dan Biola

Berbeda dengan sebelumnya, jika mengawinkan Betina blue fishcery X Jantan Green Biola, maka akan menghasilkan anakan Split hijau standar atau josan dan lovebird biola.

  1. Split Biola atau Split Blue

Untuk mencetak anakan split biola atau split blue, maka bisa memilih indukan Blue Fishcery betina X Biola Lutino jantan.

  1. Lovebird Biola Euwing

Mencetak lovebird Euwing maka bisa mengawinkan dari indukan Split Blue X Ewing Blue, karena besar kemungkinan dapat menhasilkan anakan Biola Euwing.

Harga Lovebird Biola

Jenis Lovebird BiolaHarga
Lovebird Biola Euwing10 – 15 Juta
Lovebird Biola Green betina4 – 7 Juta
Lovebird Biola Green jantan7 – 15 Juta
Lovebird Biola Lutino8 – 11,5 Juta
Split Biola5 – 12 Juta
Spilt Blue5 – 12 Juta
Lovebird Biola Blue7 – 15 Juta
Lovebird Biola Green Anakan2 – 3 Juta

 

Di atas adalah beberapa harga lovebird biola yang menjadi referensi, akan tetapi harga tersebut bisa naik dan turun sesuai dengan Grade,Turunan dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhinya.

Leave a Comment