Cara Merawat Burung Tengkek Buto Anakan Agar Cepat Gacor

Memiliki kiccauan yang khas dari burung tengkek buto peliharaan merupakan hal yang di idam-idamkan oleh pemiliknya.

Namun, yang namanya burung masih anakan, untuk membuatnya menjadi gacor membutuhkan perawatan yang rutin dan waktu yang lumayan cukup lama.

Tengkek buto tergolong burung yang mudah gacor, dan hal yang paling bekesan adalah, dimana burung tersebut bisa berkicau sepanjang hari, mulai dari pagi hari hingga sore hari, pokoknya selama lungkungannya terang, burung tersebut akan terus berkicau .

Namun, persoalannya jika burung tengkek buto anakan tersebut terus-terus berkicau, dari pagi hari hingg malam hari, maka stamina burung akan cepat ngedrop. Karena stamina burung anakan tengkek buto tidak sebaik yang sudah dewasa. Maka dari itu, berikut dibawah ini adalah cara merawatnya.

Cara Merawat Burung Tengkek Buto Anakan

Mendapatkan perawatan yang tepat, akan membuat kondisi burung yang baik, dan ketika burung sering mendapatkan perawatan dan perhatian pemiliknya, burung tersebut akan menjadi lebih baik kondisinya, lebih baik kualitas suaranya dan kesehatannya.

  1. Melatih Ngevoer

Burung tengkek buto yang sudah ngevoer atau makan voer memiliki nilai lebih tersendiri, dan untuk harganya menjadi nilai lebih yang membuat harganya lebih mahal dari tengkek buto yang belum terbiasa makan voer.

Untuk melatih burung tengkek buto makan voer, bisa dengan mencapurkan pakan voer dengan sedikit air, sehingga voer tersebut menjadi lembut, dan ketika di berikan pada anakan tengkek buto menjadi tidak seret.

Setelah dicampurkan dengan sedikit air, voer tersebut di bulatkan sebesar ukuran mulutnya, sehingga ketika di konsumsi tidak kbesaran ukurannya.

Lihat Juga : Harga Burung Tengkek Buto

  1. Penjemuran Secukupnya

Karena burung belum memiliki daya tahan tubuh yang baik dan masih belajar untuk dijemur, maka untuk penjemurannya cukup dilakukan selama 5 – 10 menit saja, dan itupun dilakukan pada saat pagi hari, dimana matahari baru muncul. Karena panas yang dihasilkan tidak terlalu panas.

  1. Jaga Kebersihan Sangkar

Gunakan alas sangkar dengan menggunakan daun kering atau serbuk kayu, namun setiap hari sebaiknya diganti untuk menjaga kebersihannya, karena jika tidak diganti serbuk kayu atau daun kering tersebut sudah terkena kotoran burung tersebut yang tidak baik bagi kesehatan burung.

  1. Berikan Pakan jangkrik

Pakan dari jangkrik penting untuk di berikan pada tengkek buto anakan, terutama yang sudah dewasa, karena dapat membuat burung menjadi lebih gacor.

Untuk melatih tengkek buto mengkonsumsi pakan jangkrik, bisa merendamnya terlebih dahulu beberapa saat, agar jangkrik tersebut tidak terlalu kering, karena bisa membuat mulut atau tenggorokan burung terluka, dan juga ketika jangkrik dalam keadaan basah lebih mudah untuk dikonsumsi oleh tengkek buto itu sendiri.

Lihat Juga : Suara Burung Tengkek Buto

  1. Krodong Tengkek buto

Biarkan pada malam hari burung bisa berisitrahat secara full, agar burung mau beristirahat dengan full, maka gunakan krodong dan lingkungan sekitar di buat gelarp saja.

Karena lingkungannya masih terang, entah itu karena lampu, biasanya burung akan terus berkicau. Pada dasarnya bagus sih rajin berkicau, namun jika terlalu sering dan mengabaikan waktu berisitirahat, maka kesehatan burung itu sendiri yang akan terganggu nantinya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!