Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Rajin Gacor

cara merawat jalak suren

Dalam memelihara burung jalak suren memilih anakan atau yang masih trotol menjadi salah satu pilihan dari kalangan kicaumania dan biasanya di kios burung banyak yang menjual yang masih anakan, meskipun ada yang lebih memilih untuk dipelihara yang sudah gacor atau dewasa.

Suara kicauan yang Ngeompa dan ngegaruda dengan celotehan yang rewel yang dapat di keluarkan oleh burung jalak suren menjadikannya tetap eksis dari dulu hingga saat ini banyak orang yang memeliharanya.

Dalam melakukan perawatannya, burung jalak suren akan memiliki suara kicauan yang cukup menarik, meskipun dalam melakukan perawatannya tidak dilakukan masteran. Namun , untuk mendapatkan kualitas terbaik maka pemasteran dilakukan untuk memaksimalkan kicauan dari burung itu sendiri, seperti yang di inginkan oleh pemiliknya.

Dengan proses panjang dalam perawatannya, tentunya burung lambat laun akan membuatnya menjadi gacor, akan tetapi terkadang ada beberapa hal yang mungkin bisa menghambat dan juga menurunnya kualitas kicauan dari burung itu sendiri.  

Oleh karena itu hal tersebut sebaiknya hindari beberapa hal untuk menghindari kualitas burung menurun, agar burung jalak suren yang sudah gacor tersebut tidak menurun kualitasnya.

Penyebab Burung Jalak Suren jarang berkicau

Burung jalak suren yang jarang berkicau bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu burung yang masih anakan yang baru belajar berkicau atau burung yang tadinya rajin berkicau menjadi jarang untuk mengeluarkan kicauan terbaiknya.

  1. Kurang Sehat

Kurang sehat atau kurang fit, apapun jenis jenis burungnya, maka akan membuat burung menjadi jarang berkicau. Jadi untuk hal ini, maka sebaiknya pemilik burung focus untuk menyembuhkannya dan nantinya ketika burung sudah pulih kembali dan memiliki stamina yang baik, maka akan membuatnya menjadi rajin berkicau kembali.

  1. Mabung

Mabung atau moulting merupakan hal yang akan terjadi pada burung jalak suren, dan biasanya akan membuat burung menjadi banyak berdiam diri dan jarang untuk berkicau. Bagi para pemilik burung, sebaiknya jangan menghawatirkan hal tersebut , mekskipun burung jarang berkicaun dan memilih berdiam diri.

Pada saat jalak suren mabung memang sebaiknya berdiam diri, agar focus pada proses mabung itu sendiri dan juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan masteran, karena burung bisa dengan focus mendengarkan suara masterannya karena burung banyak berdiam diri dan bersantai.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Jalak Suren Mabung

  1. Perubahan Lingkungan

Perubahan lingkungan dapat membuat burung menjadi tadinya rajin gacor menjadi jarang berkicau. Misalkan jalak suren baru beli di tempat lain dan untuk memancingnya bunyi dimanjakan terlebih dahulu dengan menggodanya agar mau berkicau.

Selain itu faktor lingkungan yang biasa di simpan di tempat ramai dari pemilik awal dan tempatkan di tempat yang sepi , maka akan membuat burung menjadi jarang berkicau. Maka dari itu butuh penyesuaian lingkungan.

Untuk mengatasi burung yang jarang berkicau disebagkan oleh factor lingkungan, maka bisa dengan mengantang burung secara bergantian, ditempat ramai dan juga di tempat sepi. Jika burung sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, nantinya burung akan rajin berkicau kembali kapanpun dan dimanapun, termasuk burung yang manja, perlu menyesuaikan diri dan lambat laun akan membuatnya rajin untuk berkicau sambil memberikan pakan yang bergizi setiap harinya dan pembelian mulativitamin.

Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Rajin Berkicau

Perawatan harian jalak suren memang harus dilakukan, entah itu burung yang masih anakan, sedang jarang berkicau dan juga perawatan harian yang sudah rajin berkicau.

  1. Adaptasi Jalak Suren

Apapun jenis burung yang baru dimiliki entah itu masih yang masih anakan dan juga yang sudah gacor, maka burung tersebut membutuhkan penyesuaian diri dengan lingkugan barunya. Meskipun burung sudah gacor sekalipun.

Agar kenyamanan burung tetap terjaga untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, seperti jarang berkicau dalam waktu yang lama, maka ketika burung baru di tempatkan di lokasi yang berbeda, maka bisa dengan memberikan kenyaman terhadap burung itu sendiri untuk menghindari burung menjadi kaget , ketakutan dan memberikan waktu untuk menyesuaikan diri dengan menyimpannya di tempat yang tenang dan nyaman.

Dalam proses adaptasi pada burung jalak suren sangatlah penting, entail itu burung yang masih anakan atau yang sudah gacor. Karena meskipun burung tersebut sudah gacor dapat membuatnya menjadi jarang untuk berkicau karena burung masih belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Ketika burung sudah terbiasa beradaptasi dengan lingkugan barunya, maka bisa memberikan pakan dengan jumlah banyak dari biasanya dan mulai beraktifitas bersama pemiliknya, seperti melatihnya agar jinak memandikan dan perawatan lainnya.

  1. Perawatan harian

Dalam melakukan perawatan dalam pemberian pakan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan, karena dengan memberikan pakan yang berkualitas dengan nilai gizi yang baik dapat membuat burung menjadi rajin untuk berkicau.

Untuk pakan tersendiri, sebaiknya berikan pakan dari Voer, karena mengingat pakan dari Voer memiliki kandungan protein yang tinggi , seperti Voer lele, voer ayam dan Voer lainnya.

Selain Voer pakan yang bisa diberikan pada jalak suren antara lain, seperti :

  • 1 cepuk kandang setiap pagi hari
  • 8 ekor jangkrik setiap hari yang di berikan pada pagi dan sore hari
  • Berikan pakan kroto 1 sendok teh setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu

Agar kesehatan burung itu sendiri terjaga , maka bisa dengan memandikan, menjemur, dan membersihkan kadnang secara rutin. Karena dengan membuat burung menjadi segar bugar karena dimandikan dan di jemur, akan membuat burung menjadi rajin berlkicau dan juga aktif.

Dan jangan lupa, lakukan pemasteran terhadap jalak suren yang anda miliki, terlebih jarak suren tersebut masih anakan yang membutuhkan suara masteran untuk di tirukannya.

Bagi yang belum memiliki suara masteran jalak suren, maka bisa dengan mendownloadnya dihalaman ini , Lihat : Download Suara Burung jalak Suren Mp3 .

Cara Merawat Burung Jalak Suren Agar Rajin Gacor | duniakicau | 4.5