Burung Jagal Papua: Suara, Habitat, Makanan, Karakter, Pemasteran dan Perawatan

Burung jagal papua/hooded butcherbird (Cracticus cassicus) merupakan jenis burung edemik dari papua, dimana kehidupan di alam liar, burung ini sering di temukan secara berkelompok ( 3 -4 ekor )dan membuat sarang untuk berkembangbiak di atas pohon yang tinggi.

Yang menjadi daya tarik dari burung jagal papua adalah kemampuan berkicau, dimana burung ini pandai menirukan suara burung lain, sehingga kemampuannya bervariatif dan bagus.

Karena kemampuannya bisa menirukan suara burung lain dan memiliki suara yang bagus, burung ini juga sering digunakan sebagai masteran untuk burung lain, seperti untuk memaster burung kacer, murai batu, cucak ijo dan burung lainnya.

Ciri-ciri Burung Jagal Papua

Burung jagal papua, memiliki ukuran tubuh yang besar, dan ukuran tubuhnya seperti burung jalak suren, dan motip bulunya mirip dengan burung kacer dengan ciri-ciri :

  • Paruhnya panjang dan besar
  • Warna paruhnya putih yang kehitaman
  • Warna dominan bulunya hitam dan putih
  • Memiliki kemampuan berlari sangat cepat, terutama ketika mengejar mangsanya seperti tikus dan hewan mangsaan lainnya

Selain kicauan, hal yang unik dari jagal papua adalah gaya khasnya ketika berkicau, dimana burung ini akan sering menggerakan sayapnya sambil mengangkat dengan leher mengangkat keatas.

Lihat Juga : Download Kumpulan Masteran Burung Kicau Mp3

Dalam berburu makanan ketika di alam liar, burung jagal papua akan mengoyak mangsanya dengan paruhnya yang panjang dan keras.

Dengan perilaku ganas dan kasar tersebut dalam memburu makanan, maka burung jagal papua ini di sebut jagal.

Pada musim berkembangbiak atau musim kawin burung ini belum bisa di pastikan, namun kemungkinan besar burung ini akan berkembang biak sepanjang musim, dan ketika membuat sarang seperti berbentuk mangkuk yang terbuat dari ranting dan material lainnya.

Sarang burung jagal papua, biasanya di buat oleh betinanya yang disimpan di simpan pada bagian pohon dengan ketinggain 5 meter di atas permukaan tanah.

Lihat Juga : Jenis Burung Populer di Indonesia

Subspesies/Ras Jagal Papua :

  • Cracticus cassicus cassicus : Wilayah persebarannya di Pulau Papua Papua Nugini dan pulau di sekitarnya dan Kepulauan Aru ( wilayah Provinsi Maluku )
  • Cracticus cassicus hercules : Wilayah persebarannya di Kepulauan D’Entrecasteaux (Goodenough dan Fergusson) dan Kepulauan Trobriand (Kailuna, Kiriwana, dan Kitawa) di sebelah tenggara Pulau Papua.

Makanan Burung Jagal Papua

Makanan yang biasa di konsumsi oleh burung jagal papua merupakan hewan kecil seperti jangkrik, cacing, ulat, belalang, ulat hongkong , laba-laba, tikus, katak, burung kecil dan hewan kecil lainnya, serta selingan mengkonsumsi buah-buahan.

Baca Juga : Tips Memaster Burung

Namun, untuk anda yang ingin memelihara burung jagal papua, untuk pakannya perlu di berikan dalam jumlah yang cukup, agar hal di inginkan dapat dimiliki, seperti burung menjadi rajin berkicau.

Cara Merawat Burung Jagal Papua

Untuk perawatan burung jagal papua tentunya tidak jauh berbeda dengan burung pemakan serangga lainnya, seperti perawatan burung kacer, murai batu dan jenis burung lainnya.

  1. Embunkan pada pagi hari ketika jam 05.30 pagi agar burung menikmati udara segar, sehingga burung akan terpancing untuk bunyi
  2. Burung jagal papua, jenis burung yang doyan mandi, untuk itu sebaiknya jika ingin dimandikan di dalam keramba, dan biarkan burung mandi sepuasnya
  3. Selain suka mandi, ketika hidup di alamnya, jagal papua menyukai panas dari matahari, untuk itu jemur selama 2 jam pada pagi hari
  4. Sediakan selalu pakan voer kasar setiap harinya di dalam cepuk pakannya
  5. Untuk harian pakan dari hewan, cukup berikan jangkrik pada pagi dan sore hari secukupnya dan berikan ulat hongkong secukupnya, sesuai dengan kebiasaan untuk memenuhi kebutuhan asupan protein hewani

Baca Juga : Cara Cepat Menjinakan Burung

Cara Menjinakan Burung Jagal Papua

Jika burung jagal anda belum jinak, maka bisa membiaakan untuk menyimpannya di tempat yang ramai manusia.

Untuk minggu pertama, bisa menggantangnya dibuat agak tinggi, jika burung sudah terlihat biasa dan tidak terlalu gerabakan, maka bisa di turunkan lebih rendah dari sebelumnya, hingga burung benar-benar jinak dan tidak takut dekat dengan manusia.

Demikian penjalasan tentang perawatan burung jagal papua agar rajin berkicau dengan kualitas suara yang bervariasi.

Baca Juga : Perawatan Burung Mabung

Suara Burung Jagal Papua

Audio Burung Jagal Papua Versi 1 | [Download not found]

Audio Burung Jagal Papua Versi 2 | [Download not found]

Cara Memaster Jagal Papua

untuk anda yang ingin memaster jagal papua dengan burung lainnya seperti kacer, murai batu atau burung lainnya, sebaiknya jangan terlalu dekat dan sangkar burung jagal papua dalam keadaan di krodong.

karena, burung ini memiliki sifat predator yang bisa menakuti dan membuat burung masteran menjadi stres dan agar proses pemasteran berjalan lancar dan terhindar dari sifat agresifnya burung jagal papua.

selain itu, memaster jagal papua juga bisa menggunakan burung lain dari Mp3, sesuai dengan keinginan anda.

Video Burung Jagal Papua

Leave a Comment