Cara Mengatasi Burung Ciblek Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Mendadak banyak diam hingga beberapa hari hingga beberapa minggu pada burung peliharaan yang awalnya rajin berkicau, tentunya dapat membuat pemilik burung menjadi merasa kecewa karenanya, karena untuk meraih kemampuan berkicua pada burung, bagi para pemiliknya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, dalam perawatan yang dilakukan.

Begitu membutuhkan waktu yang panjang untuk membuat burung menjadi gacor, namun ketika burung macet bunyi, secara tiba-tiba saja dapat terjadi, hasil jerih payah yang dilakukan pemiliknya tersebut terasa tidak menyenangkan bagi pemilik burung.

Tapi , tenang saja, karena bagi pemilik burung yang memiliki mental kicau mania yang sesungguhnya, apapun kendala para burung peliharaan, seperti burung ciblek mendadak macet bunyi merupakan salah satu seni, di mana ketika bisa mengatasi persoalan yang ada dalam merawat burung ciblek, membuat pemilik burung menjadi merasa senang ketika burung yang awalnya macet bunyi menjadi gacor kembali.

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Ciblek Macet Bunyi

Sebelum membahas cara mengatasi burung ciblek macet bunyi, maka sebelumnya ketahui terlebih dahulu, apakah ada beberapa perawatan yang anda lakukan dapat membuat burung menjadi mogok bunyi, seperti pada penjelasan di bawah ini.

Dari beberapa kemungkinan yang terjadi seperti yang akan di jelaskan di bawah ini,maka hal yang harus dilakukan adalah dengan merubah kebiasaan dalam perawatan hariannya, agar burung mau berkicau kembali seperti sebelumnya dengan penyebab yang membuat ciblek menjadi macet bunyi.

  1. Burung sakit atau kurang fit

Burung yang sakit menjadi jarang berkicau merupakan hal yang wajar saja, karena burung tidak memiliki energy yang cukup untuk banyak melakukan aktifitas. Jadi jika burung ciblek menjadi macet bunyi karena sakit, maka sembuhkan terlebih dahulu, nanti juga ketika sudah sembuh, ciblek mau gacor kembali, begitu juga ketika burung  kekurangan Vitamin, maka berikan Multivitamin atau memberikan pakan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Selain pemberian vitamin dan juga obat untuk menyembuhkan burung, maka sebaiknya simpan burung di tempat yang nyaman, di dalam rumah, dimana burung tersebut di simpan, dan tidak terkena angin langsung.

  1. Ciblek sedang mabung

Jangan heran ketika burung sedang mengganti bulu lama dengan bulu baru, burung ciblek akan tidak berkicau, karena memang seharusnya begitu untuk menghemat energy. Sehingga burung ciblek bisa focus pada perontokan bulu lama dan juga pertumbuhan bulunya dan memiliki energy yang cukup untuk itu.

Baca Juga :

Cara Merawat Burung Ciblek Mabung Agar Cepat Tumbuh Kembali

Download Suara Burung Ciblek Untuk Betina dan Masteran

  1. Kekurangan Ekstrafooding

Burung bisa menjadi jarang berkicau atau jarang gacor karena kekurangan asupan pakan dari Ekstrafooding. Dimana peranan dari Ekstrafooding sangat baik untuk membuat burung menjadi gacor, karena kandungan protein dari Ekstrafooding cukup tinggi dan juga dapat memberikan energy yang cukup untuk membuat burung menjadi gacor.

Jika burung terlihat lesu dan jarang berkicau, maka untuk mengatasi ciblek macet bunyi bisa dengan menambahkan Ekstrafooding lebih banyak dari biasanya.

  1. Drop mental

Burung bisa saja menjadi macet bunyi setelah latber bersama para kicau mania lainnya, karena burung mengalami drop mental setelah latber tersebut.

Selain jarang berkicau, burung yang sedang drop akan sering turun ke dalam sangkarnya, sambil menempel di jeruji sangkar.

Ketika terlihat tanda-tanda tersebut, maka untuk mengatasi burung ciblek macet bunyi bisa menempatkan sangkarnya di tempat yang nyaman dan jauh dari suara ciblek lainnya, entah itu mendengar suara dan juga melihat ciblek lainnya. Jadi sebisa mungkin isolasi ciblek yang mogok bunyi tersebut dengan memberikan kenyamanan untuk memulihkan mental dropnya.

  1. Ciblek Bosan

Burung ciblek memiliki beberapa kemiripan dengan burung paruh bengkok karena bosan dengan lingkungan yang itu-itu saja, apalagi burung tersebut di pelihara di tempat anda cukuup lama dan membuat burung menjadi jenuh dengan lingkungan yang itu-itu saja.

Ciri-ciri burung ciblek yang sedang bosan, selain membuatnya menjadi jarang berkicau, burung juga sering naik turun ke bawah sangkar, sambil mengelilinginya di bawah sangkar tersebut.

Karena burung ciblek bosan dengan lingkungan yang itu-itu terus, maka setiap harinya pindahkan burung di tempat yang berbeda-beda, 1 hari pindahkan di 2 lokasi yang berbeda-beda dan sebisa mungkin tempat menggantang burung tersebut di bawah pohon rindang yang tekesan seperti di alam liar, sehingga burung tidak terlalu bosan dan bisa pulih kembali.

  1. Pola Perawatan

Pola perawatan burung , sebaiknya tetap konsisten dalam melakukannya, misalkan burung terbiasa di berikan pakan jangkrik sebanyak 5 ekor setiap harinya, namun secara tiba-tiba burung di berikan pakan sebanyak 3 ekor, maka bsia membuat burung menjadi mogok bunyi.

Jika ingin merubah pemberian pakan, maka lakukan secara bertahap, misalkan di minggu pertama hingga minggu kedua memberikan pakan sebanyak 4 ekor, dan minggu ke 3, kurangi lagi menjadi 3 ekor setiap hari hingga minggu selanjutnya.

Leave a Comment