Cara Merawat Burung Kapas Tembak Gacor dan Buka Ekor

Cara Merawat Kapas Tembak – Kapas tembak banyak di pelihara oleh pecinta burung kicauan sebagai burung masteran untuk melatih suara burung lainnya agar memiliki banyak variasi suara kicauan.

Bahkan di sumatera, burung kapas tembak memiliki kelas tersendiri, dimana bisa di bilang kelas strata kedua setelah lomba burung kacer dan murai batu.

Yang menjadikan alasan burung kapas tembak ini sering digunakan sebagai burung masteran adalah karena suara tembakan yang khas dan gaya buka ekor yang membuatnya terkesan mempesona, dan dari suara khas tembakan dari burung kapas tembak ini bagus untuk memaster burung lain, seperti untuk memaster burung kacer, murai batu, lovebird dan burung lainnya.

Selain dari memiliki suara tembakan khas, kapas tembak juga memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam menirukan suara kicauan burung lainnya, sehingga kemampun berkicaunnya sangat bervariatif.

Perawatan Burung Kapas Tembak

Meskipun kemampuan berkicau yang bagus yang bisa di miliki oleh kapas tembak, namun hal tersebut tidak datang begitu saja, perlu perawatan yang konsisten dan tepat untuk membuatnya menjadi rajin berkicau dan mental yang bagus.

  1. Racikan Buah-buahan

Kapas tembak bisa mengkonsumsi makanan dari serangga dan pakan dari buah-buahan.

Lihat Juga : Suara Kapas Tembak Gacor

Pakan dari buah-buahan merupakan pakan utama dari kapas tembak, seperti buah peer, pepaya, apel dan buah pisang.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus bisa meracik makanan tersebut dengan cara memotong beberapa jenis buah yang di simpan di cepuk pakannya.

Namun, jika di tempat anda sulit menemukan banyak buah-buahan untuk kapas tembak, dan hanya bisa memberikan beberapa buah-buahan, maka bisa memberikan racikannya seperti :

  • Senin – Rabu : pisang yang sudah di olesi mau asli
  • Kamis – sabtu : apel yang di olesi dengan madu
  • Minggu : di berikan apel dan pisang dan berikan kulit cabe
  1. Ekstrafooding Kapas Tembak

Kapas tembak di berikan pakan dari serangga, karena pakan yang memiliki kandungan protein hewani ini sangat bagus untuk stamina dan birahi burung dan membuat kapas tembak menjadi gacor.

Lihat Juga : Harga Burung Kapas Tembak

Adapun untuk setingan pakan serangga atau Ekstrafooding ini, bisa memberikannya seperti :

  • Kroto : Karena ketika memberikan kapas tembak kroto ini, sangat bagus untuk membuatnya menjadi rajin bunyi dan pakan kroto ini bagus di berikan ketika burung di embunkan pagi hari
  • Jangkrik dan Ulat Hongkong : ketika burung selesai di mandikan pada pagi hari dan di angin-anginkan, burung di berikan pakan ulat hongkong 1 – 2 ekor dan jangkrik 3 – 5 ekor ( Tunggu hingga Bulunya Mulai Kering ), lalu burung di jemur selama 1 jam

Mandi Sauna

Ada beberapa kicaumania yang melakukan mandi sauna pada kapas tembak bakalan yang dimilikinya yang bisa kamu coba terapkan dalam perawatannya, dengan cara mengkrodong sangkarnya, lalu menjemurnya pada jam 07.00 – 08.00 .

Mandi Semprot

Kapas tembak memiliki karakter yang suka mandi semprot, dan hal ini bisa di terapkan ketika cuaca sekitar sedang panas, dan semprot burung agar suhu tubuhnya tidak terlalu panas, karena mandi semprot ini bertujuan bukan untuk mandi, namun untuk merangsang birahi kapas tembak dan membuatnya rajin untuk bunyi.

Itulah cara merawat burung kapas tembak agar gacor dan buka ekornya dan memiliki gaya yang aktraktif ketika berkicau yang bisa kamu terapkan dalam perawatannya.

Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar