fbpx

Ciri-ciri dan Kelebihan Murai Batu Aceh, Pola Ekor, Habitat dan Suaranya

Dari sekian banyak jenis murai batu yang terkenal dan yang ada di Indonesia, ada beberapa jenis yang memiliki banyak peminat, seperti murai batu medan dan juga murai batu aceh.

Murai batu aceh memiliki banyak persamaan dengan murai batu medan, mulai dari fisik, karakter dan kualitas suaranya, sehingga dengan kelebihannya tersebut, banyak pecinta murai batu ingin memelihara burung yang satu ini.

Daftar Isi

Habitat Murai Batu Aceh

Keberadaan murai batu aceh di pasar burung dan di alam liar sangatlah langka, dan meskipun ada, harganya akan tinggi, karena selain dari kualitas burung itu sendiri, kelangkaan untuk mendapatkannya menjadi alasan yang menjadikan burung ini memiliki harga yang lebih mahal di bandingkan dengan jenis murai batu lainnya.

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Batu Malaysia

Dengan kelangkaan, kualitas yang bagus dan harga jual yang tinggi, seringkali banyak oknum penjual murai batu yang melabeli murai batu Import dengan nama murai batu medan atau murai batu aceh untuk meraup banyak keuntungan sendiri.

Habitat murai batu aceh dekat dengan habitat murai batu medan, yakni perbatasan antara aceh dengan medan ( Sumatera utara ) atau tepatnya di gunung Leuser dan daerah lainnya seperti : kadebieng, bahorok, pasaman, tangse, marike,tapak tuan, malabo dan dan beberapa wilayah lainnya seputar medan.

Kelebihan Murai Batu Aceh

Seperti murai batu medan, mental dan suara kicauan murai batu aceh sangat bagus, dan terbukti, banyak orang yang mengikuti lomba murai batu aceh menjuarai lomba kicau.

Lihat Juga : Suara Murai Batu Aceh

Suara khas dari burung murai aceh adalah lantang, keras, kasar berbagai macam variasi suara kicauanya, terlebih ketika mengeluarkan suara alasnya.

Begitu juga ketika burung murai aceh sedang menirukan suara burung lainnya, dimana suara yang di kicaukannya lebih keras dan nyaring di bandingkan dengan burung aslinya.

Selain dari suara, mental murai batu aceh sangat tangguh, sehingga ketika sedang bertarung di lomba kicau, mentalnya akan selalu bertahan selama lomba dan burung bisa tampil dengan maksimal.

pola ekor murai batu medan

Gambar Pola Ekor Murai Batu Aceh

Ciri-ciri Murai Batu Aceh

Burung murai aceh memiliki ekor yang panjang dan lentur, panjangnya bisa mencapai 25 cm meter bahkan lebih, tetapi ada juga yang memiliki ekor yang pandek.

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Batu Lampung

Keberadaan burung murai aceh yang panjang ekor 25 cm sudah  langka, dan bahkan untuk murai batu aceh ekor pendek saja sudah langka.

Demikianlah penjelasan kali ini Duniakicau.net sampaikan dalam mengetahui Ciri-ciri dan kelebihan murai batu aceh, habitat dan lain sebagainya.

Terima Kasih.

Leave a Comment