Burung Katarak ? Inilah Ciri, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Untuk beberapa jenis burung, penyakit katarak merupakan suara hal yang kemungkinan terjadi, dan biasanya, katarak itu sendiri sering menyerang beberapa burung, seperti burung anis, murai batu, cucak ijo dan burung kacer.

Katarak merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada bagian mata burung, dimana penyakit tersebut bisa terserang di salah satu mata atau kedua matanya.

Akan tetapi jangan sepelekan penyakit katarak pada burung ini, karena bisa menyebar pada bagian mata secara keseluruhan dan kedua matanya, dan yang paling parah ini, bisa membuat burung mengalami kebutaan sehingga tidak bisa melakukan aktifitas, seperti makan dan minum.

Ciri-ciri Burung Katarak

 Untuk melihat ciri-ciri burung kena penyakit katarak adalah bisa dengan melihat pada matanya.

Jika matanya ada bintik putih maka bisa di pastikan burung tersebut terkena penyakit katarak, dan bintik putih tersebut bisa berukuran kecil atau besar.

Lihat Juga : Masteran Burung Gacor

Dan biasanya ketika burung kena penyakit katarak, maka akan menurun kemampuan penglihatannya.

Dan yang paling parah ini, penyakit katarak ini bisa membuat burung tidak bisa melihat atau mengalami kebutaan.

Penyebab Burung Katarak

Untuk penyebab burung mengalami katarak ada 2 versi yang akan di sampaikan, seperti penjelasan menurut kicaumania dan juga menurut dokter hewan.

Dari kalangan kicaumania, penyebab dari katarak pada burung di sebebkan oleh pakan dari Ulat hongkong yang terlalu banyak, penjemuran terlalu lama dan kandang yang terlalu kotor.

Sedangkan untuk penyebab katarak menurut dokter hewan di sebabkan oleh faktor genetika, sehingga jika keturunan dari indukan yang pernah mengalami katarak bisa terkena katarak.

Anda bisa melihat penjelasan di atas dan menganalisa sendiri, apakah penyebab karatak burung tersebut di sebebakan oleh apa, namun untuk menghindari terjadi pada burung peliharaan anda, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu indukan burung yang di pelihara dan melakukan perawatan yang tepat.

Lihat Juga : Aneka Burung Kicau Populer di Indonesia

Cara Mengobati Burung Katarak

Untuk mengatasi burung katarak banyak cara yang bisa dilakukan dan anda pilih untuk mengobatinya, seperti yang akan anda ketahui sebentar lagi penjelasannya di bawah ini.

untuk bahan-bahan alami ini, bisa di gunakan untuk semua jenis burung, terutama untuk burung yang sering terkena penyakit katarak seperti burung murai batu, kacer, cucak ijo dan burung anis.

  1. Bunga Kitolot

Bunga ini sudah cukup terkenal dari kalangan kicaumania Indonesia dalam membantu mengobati katarak pada burung.

Dan tentunya manfaat yang mampu mengobati katarak pada burung karena bunga kitolot ini memiliki kandungan Alkaloid, dimana kandungan ini bermanfaat untuk menghambat tumbuhnya bakteri.

  • Kandungan Flavoinoid pada bunga kitolot bermanfaat untuk anti bakteri dan anti oksidan.
  • Saponin
  • Tanin ( anti bakteri )

Cara Memberikan Bunga Kitolot untuk Burung

  • Siapkan bunga kitolot yang sudah di bersihkan
  • Rendam di air bersih selama 15 menit
  • Dan air rendaman daun kitolot ini di teteskan pada mata burung yang terkena katarak
  • Lakukan cara ini setiap hari selama 2 -3 minggu

Lihat Juga : Cara Menjinakan Burung

  1. Rebusan Daun Sirih untuk Burung

  • Siapkan 5 lembar daun sirih 1 gelas air bersih
  • Rebus air dan daun sirih tersebut hingga mendidih
  • Setelah mendidih, endapkan hingga dingin
  • Lalu air rebusan daun sirih tersebut di teteskan pada mata burung yang terkena penyakit katarak
  1. Bunga Melati untuk Burung

Bunga melati, selain memiliki wangi yang enak juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata burung, terutama untuk mengatasi katarak.

Untuk hasil yang bagus, daun kitorot atau daun sirih yang sudah di rebus bisa di campur dengan air rendaman bunga melati.

Kenapa harus di campur ?, karena setiap bunga memiliki kandungan yang berbeda-beda, dan rendaman air bunga melati membantu dalam penanganan katarak pada burung.

  1. Kembang Talang

Kembang talang sering di jadikan sebagai obat tradisonal oleh masyarakat Indonesia, dan kembang talang ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata burung, terutama untuk mengatasi katarak pada mata burung.

Untuk membuatnya sama saja dengan bunga melati, hanya dengan menyediakan air bersih dan 1 helai bunga talang, dan biarkan beberapa menit, lalu air rebusannya tersebut di gunakan obat tetes mata burung.

Tetesi mata burung yang terkena katarak sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore selama 5 hari lamanya.

Itulah informasi seputar burung katarak seperti penjelasan mengenai ciri-ciri, penyabab dan cara mengobatinya dengan herbal alami.

Semoga Membantu.

Leave a Comment