Penyebab dan Cara Mengatasi Burung kacer Kurang Ngotot Saat dilapangan Lomba

Dalam hal lomba kicauan, burung kacer yang terlihat ngotot ketika dilapangan menjadi suatu hal yang di inginkan oleh pemiliknya, namun ketika burung tersebut kurang ngotot ketika lomba, maka pemiliknya akan tidak puas karenanya.

Salah satu hal yang harus di perhatikan ketika burung di ikut lombakan, adalah, dimana burung memiliki stamina yang baik, karena memang jenis burung fighter seperti burung kacer ini membutuhkan stamina yang bagus selama proses lomba, karena bisa menguras tenaganya.

Dan jika staminanya tidak cukup, maka burung tidak bisa tampil maksimal, tidak ngotot dan perlikau lainnya, seperti : Mbagong/Ngebalon, sering ngetem dan lain sebagainya.

Karena stamina yang cukup menjadi suatu hal yang harus dimiliki burung kacer, maka perlu perawatan khusus ketika burung tersebut di bawa kepalangan.

Cara Mengatasi Burung kacer Kurang Ngotot Saat Lomba

Ada beberapa hal penting perihal perawatan burung sebelum lomba, sehingga burung kacer memiliki stamina yang baik, dan pada saat tampil berlangsung, burung dengan maksimal mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

  1. Pengembunan

Dari setiap pemilik burung memang memiliki pola perawatan yang berbeda, ada yang rajin setiap hari di embunkan atau juga yang hanya beberpa kali saja dalam seminggu. Pengembunana itu sendiri sangat baik untuk meningkatkan stamina burung kacer. Jadi , sebisa mungkin beberapa minggu sebelum lomba, sebaiknya burung di embunkan agar staminanya meningkat.

  1. Mengatur Pakan Ekstrafooding

Ada beberapa hal yang membuat burung tidak tampil dengan maksimal, seperti kekurangan ekstrafooding atau justru burung kelebihan ekstrafooding sehingga birahinya terlalu tinggi.

Sebelum merubah jumlah pakan dari ekstrafooding, alangkah baiknya, perhatikan terlebih dahulu, apakah burung tersebut kekurangan Ekstrafooding atau tidak, jika burung kekurangan Ekstrafooding karena burung tidak terlihat bersemangat, maka bisa menambahkan jumlahnya, sambil memberikan 1 sendok kroto beberapa hari sekali.

Namun, jika burung kelebihan pemberian pakan Ekstrafooding, maka tinggal kurangi saja pembeiannya, sambil memperhatikan apakah ada perubahan atau tidak pada burung.

  1. Kandang Umbaran

 Terapi untuk membuat burung kacer tampil ngotot saat dilapangan, bisa memasukan burung kacer ke kandang umbaran, dimana di kandang tersebut bisa dengan luas melakukan aktifitas.

Dari beberapa kacermania, sering juga memasukan burung kecil ke kandang umbaran yang terdapat burung kacer, sebagai untulan, agar mental fightet pada burung kacer bisa keluar.

  1. Biarkan Burung beristirahat beberapa waktu

Dalam hal ini, tentunya untuk menjaga stamina burung ketika saat lomba, agar nantinya burung tidak mudah lelah, karena melakukan perawatan yang menguras energinya pada saat beberapa hari sebelum lomba.

Beberapa hari menjelang burung di bawa kelapangan, pola perawatannya di rubah, seperti :

  • Menjemur dan di angin-anginkan di tempat teduh
  • Burung di krodong , mulai dari pagi hari hingga sore hari setelah jemur dan di angin-anginkan
  • Krodong di buka sebentar pada sore hari sambil mengganti air dan gantang beberapa menit
  • Setelah jam 17.00 atau sekitar jam 18.00 burung di krodong hingga pagi hari

  1. Perbanyak jemur dan kurangi mandi

Kurangi mandi dan perbanyak jemur pada burung kacer menjelang lomba untuk meningkatkan birahinya dengan mempertahankannya hingga stabil. Frekuensi jemur bisa di jambah dari sebelumnya.

  1. Ramuan dan Multivitamin

Untuk mendrongkak stamina burung kacer, bisa dengan menggunakan ramuan sari buah menkudu. Cara membuatnya cukup mudah saja, seperti :

  • Siapkan 1 buah mengkudu yang matang
  • Rebus dengan menggunakan air putih bersih
  • Setelah matang simpan hingga dingin
  • Setelah dingin, baru bisa di berikan langsung pada burung kacer

Selain itu, jika anda tidak mau ribet dan sulit menemukan buah ini, maka bisa memberikan multivitamin yang bisa di beli dari kios burung untuk melengkapi kebutuhan gizi pada burung, terutama asupan vitamin yang membuat stamina terjaga dan burung menjadi rajin berkicau.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi burung kacer kurang ngoto saat lomba yang ttelah admin Duniakicau.net bahas, semoga bisa membantu para kacermania Indonesia.

Leave a Comment