Tips Rawatan Lovebird Sebelum Lomba

Menyeting lovebird sebelum dilombakan menjadi satu hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan penampilannya saat bertanding. Rawatan yang diterapkan umumnya adalah menjaga kondisi birahinya agar tetap stabil, sehingga burung selalu siap berlomba. Sebagai panduan, berikut cara seting lovebird sebelum lomba.

Lovebird sejatinya bukan termasuk jenis burung teritorial atau fighter. Itu sebabnya, ia tak selalu bisa tampil maksimal untuk menekan lawan-lawannya dengan suara ngekek yang panjang.

Agar lovebird bisa tampil prima sewaktu bertanding maka kuncinya adalah menyetel kondisi birahinya, seperti pengaturan pakan dan perawatan umum lainnya.

Hal pertama yang harus menjadi perhatian lovebird mania dalam menyeting burung rawatannya sebelum dilombakan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi dasarnya. Dalam hal ini, lovebird diberikan pakan bijian seperti milet putih.

Untuk hasil yang baik, milet yang diberikan tidak sekedar mengenyangkan saja tapi juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk stamina, birahi, dan mentalnya.

Lihat Juga : Agar Lovebird Bersuara Keras

Cara seting lovebird sebelum lomba

Setingan sebelum lomba dilakukan beberapa hari sebelum lovebird dibawa ke lapangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga birahi lovebird tetap stabil sehingga selalu siap untuk dilombakan.

Untuk mendongkrak birahinya ketika bertanding, maka pemberian pakan tambahan harus dilakukan selain pakan bijiannya. Pakan tambahan tersebut berupa jagung manis yang pemberiannya makin digencarkan sehari menjelang lomba (H-1).

Lihat Juga : Setting Lovebird Betina Lomba

Setingan lomba selain diberikan pakan adalah perawatan mandi dan jemur. Pemberian mandi dan jemur itu harus rutin dilakukan setiap pagi, terutama beberapa hari menjelang dilombakan.

Setiap siang dan malam hari, lovebird tersebut mendapatkan full kerodong. Adapun untuk menjaga kualitas suaranya, burung yang akan dilombakan bisa didampingi dengan burung masterannya.

Demikian cara seting lovebird sebelum lomba

Semoga bermanfaat

Leave a Comment