fbpx

Ciri-ciri dan Kelebihan Burung Perkutut Lokal Tuban

Burung perkutut yang biasa di pelihara oleh masyarakat Indonesia, dan jenis burung perkutut itu sendiri memiliki jenis, seperti perkutut lokal tuban.

Perkutut tuban salah atu jenis perkutut yang terkenal oleh kung mania untuk di pelaihara sebagai burung klangenan.

Suara khas dari perkutut yang berasal dari tuban ini memang lebih bagus dari jenis perkutut lokal lainnya, dan konon katanya perkutut tuban ini pada awalnya lebih banyak di pelihara di bandingkan dengan jenis perkutut lokal lainnya.

Pada awalnya, banyak masyarakat tuban sering memikat burung liar dan dijadikan sebagai burung peliharaan, dan hal tersebut di ikuti oleh banyak orang yang memelihara burung perkutut lokal tuban, hingga saat ini perkutut tuban masih di buru oleh kung mania dari daerah lainnya.

Kelebihan dan Ciri-ciri Perkutut Lokal Tuban :

Setiap perkutut lokal yang ada memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda-beda pula.

Lihat Juga : Ciri-ciri Perkutut Lokal Jantan dan Betina

  1. Ukuran tubuh perkutut tuban rata-rata lebih besar dibandingkan perkutut lokal pada umumnya
  2. Memiliki lingkaran si sekitar matanya yang bewarna kuning yang kehijauan
  3. Irama suaranya bagus, suara anggungannya merdu dan volume suaranya besar
  4. Mudah untuk di jinakan
  5. Mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan

Baca Juga : Cara Mengobati Perkutut Mencret

Suara perkutut tuban memiliki suara dengan irama khas perkutut jawa, serta memiliki suara yang merdu dan bagus.Oleh karena itu, perkutut ini banyak di gemari sebagai burung peliharaan sebagain klangean.

Selain suaranya bagus, perkutut tuban memiliki kelebihan di mana burung mudah untuk jinak, sehingga mudah dalam perawatannya , dan burung lebih mudah mengeluarkan suara manggung.

Selain itu, pekutut tuban memiliki daya tahan tubuh yang bagus sehingga tidak mudah sakit,tidak mudah stres, meskipun cuacanya kurang bagus.

Demikianlah penjelasan kali ini yang kami sampaikan tentang ciri-ciri dan kelebihan perkutut tuban yang bisa kami sampaikan untuk kungmania tanah air.

Leave a Comment