fbpx

Kelebihan Murai Batu Kaki Hitam dan Paruh Celah

Duniakicau.net – Sifat fighter dan mental yang tangguh pada burung murai batu merupakan suatu hal yang menjadikan burung yang satu ini digemari dari pecinta burung, terutama pecinta burung lomba.

Untuk menjadi juara dan tampil dengan optimal ketika di gantangan, tentunya burung sudah memiliki mental fighter yang baik, sehingga ketika menghadapi lawan yang ada di gantangan tidak minder.

Mental yang baik tentunya, murai batu bisa tampil dengan maksimal untuk menghadapi lawannya di gantangan, terlebih murai batu yang ada di gantangan biasanya murai batu yang sudah di latih mental dan fisiknya.

Keistimewaan Murai Batu kaki Hitam dan Paruh Celah

Salah satu ciri fisik murai batu dan di percaya di kalangan kicaumania adalah murai batu kaki hitam, karena di anggap memiliki mental yang tangguh.

Akan tetapi, untuk ciri murai batu yang memiliki mental yang tangguh tidak cukup dilihat dari situ, ada beberapa hal lainnya seperti cengkraman kakinya kuat, tulang kaki besar, karena dengan ciri fisik ini murai batu memiliki karakter yang cenderung menyerang dan sifat fighternya tinggi.

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Batu lampung Asli

Perhatikan juga warna kuku kaki belakang murai batu tersebut di pastikan bewarna hitam keduanya, karena jika warna kuku pada kaki belakangnya tidak sama, biasanya mentalnya tidak stabil.

Ada beberapa patokan lainnya untuk menentukan murai batu tersebut memiliki mental yang baik, seperti pada paruh, mata, kepala, ekor dan bulu dadanya.

 

  1. Mata

Pilih murai batu yang bentuk matanya melotot dan besar, serta tatapan matanya tajam seperti terlihat mengintimidasi.

Dengan ciri mata murai batu seperti itu berkemungkinan besar berkarakter yang menyerang dan mentalnya kuat.

Lihat Juga : Karakter dan Ciri-ciri Murai Batu Jambi

  1. Paruh

Suara yang di hasilkan oleh murai batu, bisa di pengaruhi oleh paruhnya, seperti :

  • Paruh panjang dan tebal : dapat menghasilkan suara nembak, volume kicauannya keras namun memiliki tempo yang lambat
  • Paruh tipis dan pendek : dapat menghasilkan suara dengan speed yang cepat, suara kristal dan ngerol
  • Paruh Celah : dapat mengeluarkan suara di atas rata-rata paruh murai batu paruh normal, dan bahkan suara kerasnya tembus. Dengan kelebihan murai batu paruh celah ini banyak para kicau mania yang lebih memilih murai batu dengan ciri paruh seperti itu
  • Rongga Mulut dan Paruh Hitam Pekat : dengan ciri paruh ini, murai batu sudah dewasa, sehingga mentalnya stabil dan tergolong siap untuk di lombakan

Baca Juga : Cara memilih Murai Batu Bakalan Muda

  1. Ekor

Ekor panjang dan menjuntai pada murai batu merupakan ciri dan kelebihan dari burung ini, dan untuk memilih murai batu dengan melihat dari ekornya yang tidak terlalu tebal serta rapat bulunya. Bentuk ekor murai batu seperti itu lebih indah di lihat ketika burung sedang memainkan ekornya.

Jangan pilih murai batu yang memiliki bentuk ekor yang bercabang seperti gunting, karena murai batu yang memiliki ekor seperti itu sulit jinak, sulit untuk di bentuk karena kondisinya kurang sempurna.

Lihat Juga : Suara Masteran Murai Batu

  1. Bulu Dada

Pada umumnya bulu pada bagian dada murai batu bewarna coklat atau coklat tua, dan ada satu lagi murai batu yang bulu dadanya yang kekuningan, meskipun jarang di temukan.

Murai batu berdada yang kekuningan di percaya memiliki kelebihan, dimana burung lebih mudah jinak dan gampang di bentuk.

Selain itu juga, pilih murai batu yang memiliki garis hitam pada dadanya yang agak atas atau sejajar dengan sayapnya, karena memiliki mental yang stabil dan bagus.

Demikianlah tips kali ini kami sampaikan seputar kelebihan murai batu kaki hitam dan paruh celah yang memiliki kelebihan mental yang tangguh dan kualitas suaranya yang bagus.

 

Leave a Comment