Tips Perawatan Sogok Ontong/Kolibri Sriganti Agar Rajin Bunyi

Duniakicau.net – Kolibri sriganti atau biasa di sebut juga dengan burung sogok ontong ( sogon ), memiliki suara kicauan yang khas, seperti suara ceretan yang tajam.

Dengan suara ceretan tajam yang di miliki oleh burung sogon ini, tentunya sangat di minati oleh pecinta burung sebagai burung masteran sebagai suara isian untuk burung lainnya agar memiliki banyak variasi kicauan.

Ciri-ciri sogok ontong memiliki ukuran tubuh 8 – 10 cm dengan paruh yang panjang dan lancir, mirip seperti jenis burung kolibri atau burung penghisap nekstar pada umumnya.

Perbedaan Sogok Ontong Jantan dan Betina

Jika anda berencana akan atau sedang memelihara sogok ontong dan berharap burung tersebut memiliki suara cretean tajam dengan banyak variasi suara kicauan, maka harus memilih jantan, karena hanya jantan sogok ontong jantan yang memiliki suara seperti itu.

Ciri Sgok Ontong Jantan :

  • Bulu punggungnya bewarna hijau zaitun
  • Warna bulu dagu dan dadanya ungu metalik
  • Warna bulu pada bagian tubuh bawahnya bewarna kuning terang

Ciri Sogok Ontong Betina :

  • Terdapat warna kuning muda pada alisnya
  • Bulu bagian bawah betina sogok ontong bewarna kuning terang
  • Betina sogon warna Dada dan dagunya tidak bewarna ungu metalik seperti jantan

Lihat Juga : Suara Sogok Ontong Gacor

Cara Merawat Burung Sogok Ontong

Dalam perawatan sogok ontong agar rajin bunyi sebenarnya cukup sederhana, tinggal memberikan asupan pakan yang tepat, perawatan yang rutin dan konsisten, sogok ontong sudah bisa rajin untuk bunyi.

  1. Makanan Sogok Ontong

Pakan hal yang mendasar dan wajib di berikan pada sogok ontong setiap harinya untuk di berikan, terutama pakan kesukaannya dan pakan tertentu untuk membuatnya rajin berkicau dengan takaran yang tepat.

Dan berikut adalah pakan sogok ontong :

  • Nekstar Sogok Ontong: ketika di alam liar, sogok ontong sering mengkonsumi nekstar bunga, dan jika di pelihara di sangar dan anda tidak memiliki nekstar bunga, maka bisa membuatnya dari gula yang di larutkan bersama air minum yang di buat dengan kental
  • Susu untuk Sogon : untuk melengkapi asupan pakan, dan untuk membuat sogok ontong lebih bertenaga, susu kental manis bisa di berikan setiap harinya
  • Madu untuk Kolibri Sriganti : madu bisa di beirkan sebagai makanan sampingan, cukup diberikan 1 -2 kali dalam seminggu, karena efek panas dari madu tidak baik untuk burung jika di berikan setiap hari
  • Kroto : kroto bisa memberikan efek yang bagus untuk kolibri sriganti, dan membuat birahinya cepat naik, sehingga akan cepat untuk gacor. Selain itu, kandungan protein yang terdapat pada kroto bagus untuk kesetannya. Berikan setiap hari, pada pagi hari sebanyak 1 sendok teh
  1. Memandikan Sogok Ontong

Setiap pagi, sogok ontong di mandikan untuk menjaga kesehatan sekaligus bisa membantu proses penjinakan.

Karena semakin jinak, memiliki manfaat untuk membuat berani untuk berkicau, meskipun dekat dengan manusia.

Setelah sogok ontong di mandikan, simpan di tempat yang teduh hingga bulunya kering.

  1. Jemur Sogok Ontong

Setelah bulu sogok ontong kering, lalu jemur di tempat yang terkena matahari langsung, bisa dilakukan 1 jam atau 2 jam, tergantung kebiasaan.

Dengan penjemuran rutin dan konsisten, bisa membuat kolibri sriganti/ sogok ontong ini menjadi rajin bunyi, aktif dan sehat.

  1. Vitamin Sogok Ontong

Untuk menjaga burung selalu dalam kondisi aktif dan juga rajin bunyi, berikan Multivitamin khusus burung yang di berikan setiap 1 minggu sekali.

Demikianlah tips kali ini seputar Tips Perawatan Sogok Ontong/Kolibri Sriganti Agar Rajin Bunyi dengan cara yang telah kami sampaikan di atas penjelasannya.

Leave a Comment