Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Turun ke Bawah Tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini.

Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Perilaku burung lovebird yang nakal dan banyak tingkah pada saat dilombakan bisa muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari ngeruji, gesek tangkringan, hingga selalu turun ke bawah tangkringan.

Kondisi yang dialami oleh burung tersebut dapat membuat penampilannya jadi tidak maksimal. Kalaupun mau berbunyi, itu pun dilakukannya ketika berada di dasar sangkar. Selain bisa mengurangi nilai, penampilan yang demikian tentu tidak akan dilirik para juri.

Penyebab Lovebird Turun Tangkringan

Pada umumnya, penyebab lovebird suka turun ke bawah tangkringan itu disebabkan oleh beberapa kondisi berikut ini:

  • Tenggeran yang tidak sesuai sehingga membuat burung tidak betah berlama-lama di atasnya.
  • Birahi burung yang tidak stabil.
  • Lovebird yang terlalu agresif akibat pakan yang terlalu tinggi setelannya.
  • Burung belum memiliki mental yang baik.
  • Kebersihan sangkar yang tidak terjaga, misalnya terlalu banyak pakan yang berceceran di lantai sangkar sehingga burung jadi betah berada di sana.

Lihat Juga : Cara Pemberian Tangkringan Lovebird yang Benar

Mengatasi Lovebird Suka Turun ke Bawah Tangkringan

Dibutuhkan beberapa penanganan khusus yang dapat mencegah kebiasaan burung turun ke dasar sangkar sewaktu dilombakan. Sebagai panduan berikut beberapa cara mengatasi lovebird yang suka turun ke bawah tangkringan:

Memandikan burung hingga basah kuyup

Terapi mandi hingga basah kuyup dianggap bisa mengurangi perilaku burung yang kerap turun ke bawah tangkringan. Hal ini biasanya dilakukan ketika burung mengalami birahi yang tidak stabil atau over birahi.

  • Cara mandi hingga basah kuyup bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari memandikan sambil dipegang, disemprot sprayer hingga basah, atau diguyur dengan menggunakan selang air yang diletakkan di atas sangkarnya (metode hujan-hujanan).

Lihat Juga : Cara Mengatasi Lovebird yang Suka Ngeruji

Mengganti tenggeran yang digunakan

Jika burung selalu turun ke dasar sangkar disebabkan oleh tenggeran yang tidak sesuai / kurang nyaman, maka solusi mengatasinya adalah mengganti tenggeran yang digunakan dengan yang baru.

  • JIka sebelumnya lovebird menggunakan tenggeran bawaan sangkar yang terbuat dari plastik, maka Anda bisa menggantinya dengan tenggeran bertekstur kasar seperti tenggeran kayu asem atau tenggeran pasir.
  • Alternatifnya, Anda bisa mengganti tenggeran dengan tenggeran yang mempunyai permukaan rata dan tidak bulat.

Menambahkan aksesoris di dasar sangkar

Menambahkan aksesoris hanya bersifat mencegah burung turun ke dasar sangkar ketika sedang dilombakan. Beberapa aksesoris yang umum digunakan adalah:

Lihat Juga : Suara Lovebird Gacor Juara

  • Menambahkan bola-bola kecil yang berwarna-warni,
  • Memasang ranjau karpet berbentuk duri-duri,
  • Memasang ranjau karet yang menghalangi burung turun ke dasar sangkar,
  • Memasang rumput plastik di dasar sangkarnya,
  • Mengoleskan minyak telon atau baby oil pada karpet sangkar yang digunakan.

Cara ini memang cukup efektif cegah lovebird turun ke lantai sangkar ketika sedang berlomba. Namun setelah aksesoris dicabut, kebiasaan buruknya itu kembali muncul.

Mencegah dan mengatasi lovebird yang kerap turung ke bawah tangkringan bisa diatasi dengan beberapa cara di atas. Tapi untuk hasil yang maksimal, maka perawatan hariannya harus dilakukan dengan sangat teratur.

Selain mendapatkan asupan pakan tambahannya secara rutin, lovebird yang kerap turun tangkringan juga harus diberikan pakan yang memiliki cukup nutrisi dan bisa menyetabilkan birahinya.

Demikian cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan.

Semoga manfaat

Leave a Comment