Lovebird Josan: Ciri-ciri, Karakter dan Cara Memilihnya

Lovebird josan mudah untuk ditemukan di pasar burung di bandingkan dengan jenis lovebird lainnya. selain itu yang menjadikan daya tarik tersendiri dari jenis lovebird josan ini memiliki harga yang paling murah di bandingkan dengan jenis lovebird lainnya.

Namun, meskipun harganya cukup murah, lovebird josan memiliki prosfek yang baik untuk mampu ngekek dengan durasi yang panjang.

Pada dasarnya, burung lovebird memiliki suara ngekek masing-masing, namun lovebird josan banyak di temukan di kalangan kicaumania yang memiliki durasi ngekek panjang, dibandingkan dengan lovebird warna.

Lovebird warna, meskipun tidak memiliki suara ngekek sekalipun akan memiliki harga yang tinggi, namun bagi lovebird sayur seperti josan ini untuk meningkatkan harga jualnya, harus memiliki durasi ngekek yang panjang, apalagi sering menjuarai lomba kicauan seperti lovebird kusumo.

Ciri-ciri Lovebird Josan

Lovebird josan atau lovebird hijau standar memiliki warna bulu dominan hijau, seperti hijau tua di bagian punggung dan sayapnya dan hijau muda di bagian perut hingga kakinya, dan juga memiliki warna bulu kuning, orange kemerahan di bagian leher,pundak, muka dan kepalanya,terkadang memiliki warna hitam di bagian mukanya, yang biasa di sebut “cemong “ .

Lihat Juga : Suara Burung Lovebird Ngekek Panjang

Karakter Lovebird Josan

Setiap burung lovebird sebenarnya memiliki karakter yang sama saja, namun untuk lovebird josan dipercaya memiliki kelebihan, dimana lovebird josan dalam hal memilih pasangan tidak ribet dan mudah untuk dijodohkan, selain itu ketika lovebird josan diternakan dapat menghasilkan keuturanan yang baik, karena indukan lovebird josan mampu merawat anakannya dengan baik.

Cara Memilih Lovebird Josan

Meskipun banyak lovebird josan mampu ngekek dengan durasi yang panjang, namun meskipun begitu tidak semua lovebird josan miliki prosfek yang baik. Untuk itu bagi kalian yang berencana untuk membelinya, maka pastikan burung tersebut dibeli yang di percaya, paling tidak di beli dari trah juara juga, karena biasanya lebih prosfek jika dibandingkan membeli lovebird josan di sumber belum jelas keturunannya.

Baca Juga : Makanan Burung Lovebird

Namun, bagi anda yang ingin membeli dari obyokan atau sumber yang belum diketahui kualitasnya, maka berikut adalah tips cara memilihnya.

  • Burung aktif ketika di kandang obyokan
  • Burung berani berkicau ketika di obyokan
  • Nafsu makan baik
  • Memiliki leher yang kuat dan padat
  • Ketika berdiri dadanya bidang, tegak dan memiliki leher yang panjang
  • Memilki sorot mata yang tajam dan besar
  • Bentuk kepalanya besar

Leave a Comment