Cara Memandikan Lovebird yang Benar

Mandi menjadi rutinitas penting yang tidak bisa dipisahkan dari perawatan burung ocehan. Selain bisa membersihkan bulu dari debu dan kotoran, mandi juga bisa membantu mengurangi gatal. Sebagai panduan, simak cara memandikan lovebird yang benar berikut ini.

Salah satu upaya untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung adalah memandikan secara teratur. Mandi yang rutin dilakukan dapat membantu membersihkan bulu dari kotoran, debu maupun parasit yang menempel seperti kutu atau tungau. Burung yang jarang dimandikan akan memiliki bulu yang kering sehingga mudah nyerit dan rusak.

Bulu yang sehat memiliki sifat anti air (waterproofing) yang membuatnya berkilauan. Hal ini tentu dapat menarik burung untuk bersolek, yaitu aktivitas merapikan dan membersihkan bulu dengan paruh. Bulu yang penuh kotoran, debu, kutu dan tungau akan mengurangi sifat insulin bulu sehingga membuatnya jadi tidak anti air. Hal ini akan mempercepat kerusakan pada bulu-bulunya.

Burung lovebird perlu dimandikan setidaknya seminggu sekali di musim hujan dan setiap hari (jika memungkinkan) ketika cuaca panas / musim kemarau. Oleh karena itu, untuk membantu burung menjaga kesehatan bulunya itu, maka perawatan mandi harus dilakukan secara teratur.

Cara Memandikan Lovebird yang Benar

  • Lovebird Mandi Semprot

Istilah mandi semprot digunakan untuk menyebut aktivitas memandikan burung dengan menggunakan sprayer / semprotan. Pada burung jenis lovebird, mandi dengan cara seperti ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian, terutama agar air yang keluar dari semprotan itu tidak mengenai dan masuk ke dalam organ hidung yang terletak di pangkal paruhnya.

Lihat Juga : Download Suara Lovebird Ngetik Ngekek Mp3

Memandikan lovebird dengan cara disemprot dilakukan secara bertahap, yang dimulai dari menyemprot bagian dada hingga perut lalu dilanjutkan pada bagian sayap, punggung, dan ekornya. Hindari menyemprot tepat pada bagian wajahnya karena posisi hidung yang rentan termasuki air.

  • Lovebird Mandi di Keramba

Mandi karamba umumnya dilakukan jika burung sudah terbiasa dimandikan dalam bak air yang terdapat di dalam karamba mandinya. Untuk merangsang agar lovebird mau mandi di karamba mandinya, bisa dilakukan penyemprotan dengan setingan halus / kabut pada bagian sayap, ekor, dan kakinya.

Jangan paksakan lovebird untuk mandi di dalam karamba jika burung terlihat ketakutan atau belum terbiasa. Alternatifnya bisa menggunakan metode atau cara mandi yang lebih aman dan nyaman, salah satunya memasukkan bak mandi atau mangkuk berisi air ke dalam sangkar hariannya.

Lihat Juga : Merawat Lovebird Sebelum Lomba

  • Lovebird Mandi di Pegang

Memandikan lovebird dengan cara dipegang umum dilakukan untuk tujuan penjinakan atau pelatihan. Namun memandikan burung dengan cara seperti ini tentu sangat berisiko. Selain rentan terlepas, cara memegang yang salah justru dapat menyakiti burung itu sendiri.

Penanganan Setelah Lovebirs dimandikan 

Selesai dimandikan, lovebird kemudian diangin-anginkan di tempat teduh untuk mengeringkan bulu-bulunya yang masih basah. Tidak dianjurkan untuk langsung menjemur burung di bawah sinar matahari ketika bulu masih basah, karena bisa menjadikan bulu keriting dan gampang rusak. Setelah beberapa menit, lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

Lihat Juga : Cara Membuat Lovebird Konslet

Penjemuran yang baik dilakukan pada pagi hari, yaitu tidak lama setelah matahari terbit. Sedangkan penjemuran yang dilakukan pada siang hari apalagi dalam kondisi cuaca yang terik dapat menyebabkan burung dehidrasi, bulu mudah kering dan patah. Selain itu, lovebird berpotensi alami heat stress.

Pada saat lovebird diangin-anginkan dan dijemur, berikan pakan..

Semoga bermanfaat

Leave a Comment