Burung Robin: Ciri, Suara, Karakter, Jenis, Harga dan Perawatannya

Burung Robin – Bulu yang indah di sertai oleh tubuh yang mungil yang membuat daya tarik dari burung robin/ Leiothrix lutea ini.

Jaman dulu banyak orang yang memelihara burung robin karena beragam hal, seperti karena tertarik oleh penampilan fisiknya atau tertarik karena mitos tertentu.

Bicara tentang burung robin, biasanya akan di kaitkan dengan burung pancawarna/Leiothrix argentauris, dan tentunya antara burung robin dan burung pancawarna masih satu kerabat dekat.

Ya, dengan beragam daya tarik dari burung pekik robin/burung robin ini pada jamannya sangat populer sekali meskipun sekarang kalah populer dengan jenis burung lain, seperti lovebird, murai batu, kenari dan burung populer saat ini lainnya.

Pada kali ini, Duniakicau.net akan membagikan informasi seputar burung robin mulai dari mengenal mitosnya, karakter, ciri-ciri jantan dan betina, makanan, harga, perawatan dan informasi lainnya yang akan kami bahas informasinya di bawah ini.

Mitos Burung Robin

Bicara burung robin tidak lepas dengan mitos yang tersebar di Masyarakat, dimana burung ini sering di kait-kaitkan dengan hal mitos seperti ikan arwana. Dimana mitos yang beredar, ketika seseorang memlihara burung robin bisa mendatangkan keberuntungan.

Mitos menjadi salah satu hal yang menjadi penyebab banyak orang yang memelihara burung ini, karena dari sisi suara kicauannya, burung robin biasa saja, hanya saja warna bulunya sangat bagus dan enak di lihat.

Persebaran Burung Robin

Masyarakat tionghoa sangat banyak yang memelihara burung ini, meskipun ada di perantauan ke negara lain, masyarakat tionghoa memelihara burung yang satu ini, sehingga persebaran burung robin ini sangat luas, termasuk eropa dan amerika.

Burung robin memiliki persebaran di Indonchina seperti laos, kamboja, vietnam dan myanmar, china selatan dan timur, semenanjung malaysia dan sumatera.

Jenis Burung Robin

Burung robin saat ini memiliki beberapa jenis yang ada di Indonesia, karena burung ini sudah banyak di budidayakan di Indonesia, seperti burung robin jawa dan burung robin bali.

Perbedaan burung robin lokal biasanya dari sisi harga lebih mudah di bandingkan dengan burung robin import, dan biasanya burung robin lokal aka dipelihara untuk di latih suaranya terlebih dahulu agar gacor sebelum di jual ke pasar burung.

Namun, pada dasarnya, burung robin yang memiliki nama ilmiah Leiothrix lutea ini hanya satu, hanya saja burung robin yang sudah lama di budidayakan di Indonesia menjadikannya seakan jenis yang berbeda.

Karakter Burung Robin

Burung robin memiliki karakter yang suka hidup berkempok, dan bisa hidup berdampingan dengan burung sejenis dan burung kecil lainnya seperti kenari.

Namun, dalam waktu tertentu, burung robin akan menjadi agresif ketika masuk masa berkembangbiak dan akan mengusir burung lain mendekati sarangnya.

Meskipun jarang menemukan burung robin yang bersuara bagus, akan tetapi burung robin bisa dilatih suara kicauannya agar bagus dengan memasternya, karena bisa menirukan suara burung lain dan burung robin yang gacor.

Makanan Burung Robin

Burung robin menyukai makanan dari serangga dan buah-buahan, untuk mendapatkan gizi yang lengkap, ketika di pelihara di rumah, maka pakan dari buah-buahan dan serangga harus di berikan, seperti pakan :

  • Ulat kandang
  • Belalang
  • Jangkrik
  • Kroto
  • Buah apel
  • Pepaya
  • Pisang

Cara Merawat Burung Robin

Merawat burung robin cukup mudah dilakukan, hanya perlu konsistensi dalam melakukan perawatannya.

  1. Memandikan

Agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit karena tubuhnya kotor, maka burung robin rutin dimandikan setiap pagi.

  1. Jemur

Setelah burung robin di mandikan dengan cara di semprot atau mandi sendiri, burung di jemur sekitar jam 07.00 – 09.00 selama 1 – 2 jam.

  1. Racikan Pakan Burung Robin

Burung robin di berikan pakan yang lengkap untuk mendukung kesehatan dan membuatnya rajin bunyi.

Untuk makanan dari buah-buahan bisa di berikan setiap hari dengan mancapur beberapa buah atau saling bergantian setiap harinya.

Sedangkan untuk pakan dari serangga bisa di berikan dengan jumlah tertentu, seperti jangkrik di berikan sebanyak 6 buah setiap hari dan untuk makanan dari kroto di berikan sebanyak seminggu 3 kali.

Memberikan serangga sangat baik untuk stamina dan membuat burung birahinya bagus sehingga rajin untuk berkicau.

Perbedaan Burung Robin Jantan dan Betina

Burung robin tergolong jenis burung monoformik, dimana tubuh jantan dan betina sulit untuk di bedakan, karena memiliki kemiripan.

Namun tetap, meskipun sulit membedakan betina dan jantan burung robin, maka kalian bisa melihat ciri-ciri perbedaannya, antara lain :

  • Suara kicauan burung robin jantan lebih bervareatif, sedangkan untuk suara kicauan betina burung robin hanya memiliki suara panggilan saja
  • Paruh jantan burung robin memiliki warna merah yang keorange an, sedangkan untuk betina memiliki warna paruh yang bewarna kekuningan

Suara Burung Robin Mp3

Suara Burung Robin Variasi 1 | Download

Suara Burung Robin Variasi 2 | Download

Suara Burung Robin Variasi 3 | Download

Suara Robin Pancawarna Variasi 1 | Download

Suara Robin Pancawarna Variasi 2 | Download

kombinasi Suara burung Robin dan Pancawarna | Download

 

Harga Burung Robin

Harga burung robin tergolong memiliki harga yang cukup mahal, karena dengan burung robin bakalan saja, harganya bisa mencapai 500.000 rupiah.

Dalam perawatan burung robin tergolong mudah untuk dilakukan, karena burung robin memiliki kakrakter yang suka bersosial, sehinga burung ini bisa disatu kandangkan dengan burung lainnya, seperti satu kandangkan dengan jenis burung kenari dan burung Finch.

Untuk harga burung robin itu sendiri, tergantung pada beberapa hal, seperti umur, jenis kelamin dan kemampuan berkicau.

Namun, bagi anda yang ingin membeli burung robin jantan atau betina, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu tentang perbedaanya, karena kemampuan berkicau dan harga burung jantan dan betina berbeda.

Jenis Burung Robin Harga Burung Robin
Burung Robin Betina Rp = 860.000
Burung Robin Bakalan Rp = 810.000
Burung Robin Jantan Rp = 900.000
Burung Robin Jawa Sudah Gacor Rp = 1.000.000
Burung Robin Sepasang Rp = 1.800.000

Nah, berikut adalah harga burung robin yang kami ulas sebagai referensi jual beli burung robin.

Namun, yang namanya harga, setiap waktunya akan terus berubah-ubah tanpa sepengatahuan anda.

Biasanya harga akan berbeda-beda sesuai dengan musim, daerah, kualitas keturunan dan lain sebagainya.

Itulah informasi seputar burung robin dengan beragam informasi seperti ciri-ciri, karekter, persebaran, mitos, makanan dan perawatan yang bisa kami bagikan untuk rekan-rekan sekalian.

Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar