Telur Murai Batu tidak Menetas ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dalam hal beternak, ada beberapa permasalahan yang kerap kali di temukan dari kalangan pembudidaya murai batu, salah satunya adalah telur murai batu gagal menetas.

Telur murai batu tidak menetas biasanya di sebabkan oleh beberapa hal, dimana ada hal-hal yang terlewati atau tidak dilakukan oleh peternak, sehingga meskipun indukan murai batu berhasil bertelur, telurnya tersebut tidak bisa menetas.

Penyebab Telur Murai Batu tidak Menetas

Penyebab telur burung murai tidak menetas dari beberapa kasus berbeda-beda, tergantung perawatan yang dilakukan oleh pemilik burung.

Untuk itu, bagi anda yang pernah mengalami kegagalan atau mendengar dari teman kicau mania lainnya mengalami persoalan tersebut, bisa melihat beberapa penyababnya di bawah ini.

  1. Indukan Belum Cukup Umur

Indukan burung murai batu yang belum cukup umur, biasanya organ reproduksinya belum sempurna, meskipun sebelumnya indukan betina di kawini oleh jantan hingga bertelur, maka telurnya tersebut tidak mau menetas.

  1. Indukan Belum Terbuahi

Proses pembuahan merupakan hal yang memiliki pernanan penting dalam menentukan menetas atau tidaknya telur murai batu.

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Batu Jantan dan Betina

Ada beberapa hal yang membuat telur murai batu yang belum terbuahi, seperti proses kawin jantan dan betina tidak sempurna dan jantan murai batu jantan.

Dan jika murai batu jantan tidak mandul dan proses kawin sempurna, biasanya telur murai batu tersebut gagal menetas di sebabkan adanya gangguan dari faktor lingkungan atau faktor pengeraman tidak benar oleh indukannya tersebut.

  1. Terhambat Pembuahan

Proses kawin jantan dan betina murai batu yang tidak sempurna salah satunya adalah,dimana bulu jantan atau betina murai batu menghalangi bagian kloakanya, sehingga indukan betina tidak terbuahi karena terhalang oleh bulunya.

  1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang nyaman dengan suhu yang ideal dapat membantu memperlancar proses pengeraman indukan murai batu, namun jika keadaan lingkungan sekitar tidak mendukung, maka telur burung murai tersebut tidak akan menetas.

Lihat Juga : Cara Menjodohkan Murai Batu

Adanya hewan penggangu seperti tungau, cicak, tikus dan hewan lainnya sangat menggangu murai batu yang sedang mengeram, terutama keberadaan sarang yang banyak tungau yang membuat indukannya sering keluar sarang dan terganggu proses pengeramannya.

Faktor lingkungan lainnya seperti suhu yang terlalu dingin atau panas, terlalu berisik sama hewan atau kendaraan dan suara lainnya, bisa membuat pengeraman burung tidak sempurna.

  1. Indukan Jantan Ngajak Kawin

Faktor indukan jantan berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pengeraman indukan betina, dan salah satu penyebab telur murai batu tidak menetas bisa di sebabkan oleh jantan burung murai ngajak kawin betina, dan tentuny hal tersebut dapat menggangu dan bahkan indukan jantan bisa merusak sarang dan memecahkan telur yang sedang di erami oleh betina.

Lihat Juga : Suara Burung Murai Gacor

  1. Kebutuhan Pakan tidak Cukup

Makanan yang memliki kandungan gizi yang lengkap dapat membuat kualitas telur bagus, dan telur menetas lebih kemungkinan terjadi.

Untuk itu, pada saat murai batu sedang kawin sebelum proses bertelur, makanannya harus di berikan dengan cara yang lengkap.

  1. Cangkang Telur Terlalu Keras

Yang terakhir yang menyebabkan telur murai batu tidak menetas adalah Hipercalcaemia atau telur murai batu terlalu keras, sehingga embrio tidak bisa memecah cangkang telur.

Lihat Juga : Cara memilih Murai Batu Bakalan

Cara Mengatasi Telur Murai Batu tidak Menetas

  • Tidak Cukup Umur : untuk Mengatasinya, pilih indukan jantan lebih 2 tahun
  • Indukan Tidak Terbuahi : Jika mandul jantan burung murai, maka ganti dengan jantan lainnya
  • Terhambat Pembuahan : cukup bulu di bagian kloka jantan atau betina
  • Faktor Lingkungan : cari lingkungan yang tidak berisik, tidak ada hewan penggangu seperti kucing, cicak, tikus, anjing dan suara berisik seperti suara manusia, hewan, kendaraan , dll
  • Indukan Jantan Ngajak Kawin : pisahkan murai batu jantan terlebih dahulu atau atur pakan jantan agar birahinya tidak naik
  • Kebutuhan pakan tidak Cukup : berikan makanan lengkap, seperti voer,serangga atau bisa perlu berikan multivitamin untuk breading
  • Cangkang telur Terlalu keras : Kurangi asupan pakan yang mengadung Zinc

Demikianlah penyebab can cara mengatasi telur murai batu tidak menetas yang kami berikan informasinya untuk kicau mania .

Semoga membantu.

Tinggalkan komentar