Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

cara merawat burung cucak ijo

Burung cucak ijo merupakan salah satu jenis burung fighter ( semi-fighter )  yang memiliki karakter petarung seperti burung kacer dan juga burung murai batu, meskipun tidak sepetaru burung tersebut.

Namun , untuk mengeluarkan dan memaksimal karakter Fighter ( semi-fighter ) dan kicauan gacor dari burung  cucak ijo itu sendiri tidak datang begitu saja, dan tentunya membutuhkan perawatan yang tepat dan rutin sehingga burung mendapatkan kondisi terbaiknya setiap hari, agar lambat laun burung mampu gacor dengan cepat.

Biasa yang dilakukan oleh kicaumania untuk mengeluarkan kicauan terbaik dari burung cucak ijo adalah dengan memberikan pakan dari Ekstrafooding yang di dukung dengan perawatan harian lainnya. Namun , terkadang ketika pemberian pakan di berikan secara berlebihan justru dapat membuat kualitas kicauannya menjadi menirun, karena burung menjadi over birahi dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk perawatannya membutuhkan penyesuaian dan perawatan lainnya yang sebentar lagi akan kita ketahui setelah membaca penjelasannya di bawah ini.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Dari perawatan yang dilakukan setiap detailnya tentunya memiliki peranan masing-masing untuk membuatnya menjadi rajin gacor dan juga aktif untuk berkicau. Jadi dalam melakukan perawatannya harus dilakukan secara rutin dari setiap perawatan tersebut tanpa ada yang terlewatkan.

  1. Pakan burung cucak ijo

Burung cucak biasa mengkonsumsi pakan dari serangga dan juga buah-buahan. Akan tetapi sering kali kita temukan, dimana para kicaumania lebih memberikan pakan dari Ekstrafooding untuk menjaga kualitas suara kicauannya dan juga untuk menghindari kegemukan.

Akan tetapi terkadang tidak semua orang bisa membelikan pakan hanya dari Ekstrafooding saja, karena ketersediaan pakan dari Ekstrafooding terbatas, karena kesibukan pekerjaan yang lebih memilih memberikan pakan dari pisang kapok putih dan juga voer yang di sediakan pada kandang.

Sebagai referensi untuk menjaga kualitas suara dan kesehatan burung itu sendiri, maka bisa dengan memberikan pakan kapok pisang yang di lumuri dengan madu dan 1 sendok voer yang di simpan setiap harinya di dalam kandang dan untuk pemberian pakan dari Ekstrafooding itu sendiri bsia di berikan pakan dari jangkrik sebanyak 5 ekor ketika burung saat di angin-anginkan , pada saat di jemur berikan ulat hongkong sebanyak 2 sampai 3 ekor dan setiap seminggu 3 kali 1 sendok teh kroto.

  1. Pengembunan , Memandikan dan Menjemurnya

Pada pagi hari sebelum matahari terbit, burung di gantang di luar rumah, guna untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan setempat, namun jika angin di sekitar pengembunan angin terlalu kencang, maka bisa menggunakan krodong hingga matahari mulai terbit. setelah matahari mulai terbit, maka bisa memulai untuk memandikannya dengan cara menyemprotnya atau menggunakan keramba.

Setelah dimandikan selanjutnya adalah dengan menjemurnya selama 1 jam, hingga bulu yang basah kuyupnya menjadi kering kembali.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo Mabung

  1. Pemasteran

Ketika memandikan dan menjemur burung sudah selesai dilakukan, maka biasanya burung akan beristirahat dan bersantai di dalam kandang hingga sore hari. Untuk itu maka bisa sambil melakukan pemasteran, akan tetapi perhatikan terlebih dahulu hingga burung benar-benar santai agar burung bisa focus mendengarkan suara masterannya.

Untuk memaster burung cucak ijo bisa dengan menggunakan Mp3, dan untuk mendownloadnya bisa di lihat halaman lainnya, Lihat : Download Suara Burung Cucak IJo Mp3 .

Dalam melakukan perawatan burung cucak ijo membutuhkan waktu dan perawatan yang rutin dalam melakukannya, dan hindari perubahan perawatan secara drastis untuk menghindari burung menjadi ngedrop. Jika burung masih belum mengeluarkan kicauan terbaiknya meskipun sudah melakukan perawatan seperti yang telah di sampaikan di atas tadi, maka bisa dengan merubahnya secara perlahan, misalkan perubahan dalam pemberian pakan Ekstrafooding secara bertahap dan lain sebagainya.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor | duniakicau | 4.5