fbpx

Tips Agar Burung Cucak Ijo Trotolan Cepat Nopeng

Dalam proses pergantian bulu cucak ijo memang bertahap, mulai dari bulu trotolan hingga muncul bulu pada area muka dan leher yang bewarna hitam secara full, yang biasa di sebut juga dengan istilah “ nopeng “ .

Biasanya pada umumnya, cucak ijo yang nopeng terjadi ketika cucak ijo berumur 5 bulan, dan terkadang itu juga terjadi lebih dari umur segitu.

Dalam proses ini, tentunya agar burung cucak ijo cepat nopeng, peranan perawatan, terutama memberikan makanan yang berkualitas akan pengaruh penting dalam pertumbuhan cucak ijio trotolan, agar pertumbuhan bulunya.

Cara Agar Cucak Ijo Cepat Nopeng

Karena pada saat cucak ijo trotolan masih di bilang proses pertumbuhan, maka peranan makanan sangat penting, dengan memberikan pakan yang tepat yang berkualitas, di samping perawatan harian yang dilakukan.

Lihat Juga : Masteran Cucak Ijo Gacor Mp3

  1. Buah-buahan untuk Cucak Ijo

Buah-buahan sangat penting untuk diberikan pada masa cucak ijo dalam masa pertumbuhan, seperti buah-buahan jambu biji, pepaya, pisang kepok, sawo, apel dan buah-buahan lainnya.

Buah-buahan tersebut sebaiknya diberikan secara bervariatif agar dari setiap kandugan gizi di setiap buah dapat memenuhi kebutuhan gizi burung dan juga agar burung tidak bosan untuk mengkonsumsinya.

Lihat Juga : Cara Mempercepat Proses Mabung

  1. Extrafooding Cucak Ijo

  • Jangkrik : jangkrik diberikan setiap hari sebagai asupan protein hewani harian, dan berikan jangkrik sepuasnya burung untuk pertumbuhan tubuh dan bulunya
  • Ulat Hongkong : ulat hongkong memiliki efek hangat jika di konsumsi oleh burung, namun pakan ini jangan di berikan dalam jumlah banyak dapat membuat suhu tubuh burung cepat panas yang bisa membuat bulu bulu rontok. Dengan porsi yang cukup, ulat hongkong bermanfaat untuk membuat perontokan bulu tua, sehingga nantinya tumbuh bulu nopeng
  • Kroto : kroto makanan yang memiliki kandungan protin yang tinggi, dimana bisa membantu dalam meningkatkan birahi burung dan menjadikan burung cepat gacor atau lebih rajin bunyi,da di samping itu bermanfaat dalam proses pembetukan pertumbuhan bulu cuak ijo

Lihat Juga : Harga Cucak IJo Terbaru

Perawatan Harian Cucak Ijo Agar Nopeng

Agar burung selalu aktif, sehat dan terhindar dari penyakit seperti kutu dan penyakit lainnya, maka burung di rawat dengan konsisten.

Seiring bertambahnya waktu dan usia burung, bulu hitam trotol pada muka dan lehernya akan bertambah banyak, dan ketika sudah dewasa, maka full nopeng akan tumbuh dengan sendiri seiring perawatan yang dilakukan dengan cara yang tepat.

Akan tetapi, jangan sekali-kali anda mencabut bulu bagian muka dan leher cucak ijo, karena meskipun bulu pada bagian tersebut di cabuti, nantinya belum tentu bulu nopeng yang akan tumbuh.

Sebaiknya, biarkan bulu nopeng itu sendiri tumbuh secara alami yang di dukung dengan cara memberikan makanan untuk pertumbuhan bulu dan tubuh burung sempurna.

Demikian penjelasan kali ini tentang cara agar cucak ijo cepat nopeng yang bisa kalian baca, dan semoga membantu.

Terima Kasih.

Leave a Comment