fbpx

Tips Perawatan Burung Mantenan Agar Rajin Berkicau

Burung mantenan memiliki penggemar tersendiri dari kalangan kicaumania, karena memiliki suara yang bervariasi dan cukup bagus.

Selain itu, warna yang terdapat pada burung mentenan memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki paduan warna yang indah.

Burung mantenan banyak di pelihara sebagai burung masteran, untuk memaster burung lainnya, sehingga burung yang di master memiliki banyak variasi irama kicauan, seperti untuk memaster murai batu, kacer, cendet, cucak ijo dan burung lainnya.

Cara Merawat Burung Mantenan

Kunci utama dalam merawat burung adalah dengan membuatnya selalu sehat, dengan perawatan konsisten yang dilakukan setiap harinya, seperti memberikan makanan, jemur, mandi, extrafooding dan lain sebagainya.

  1. Makanan Burung Mantenan

Untuk menjaga vitalitas dan kesehatan burung, maka pemberikan pakan yang cukup memiliki peranan penting untuk dilakukan.

Lihat Juga : Download Suara Burung Mantenan Gacor MP3

  • Voer Burung Mantenan

Agar mudah dalam perawatan dan untuk melengkapi burung memiliki gizi yang lengkap, maka burung bisa diberikan voer setiap harinya. Jika burung belum terbiasa makan voer, bisa terlebih dahulu mengajarinya.

  • Jangkrik untuk Mantenan

Untuk asupan jangkrik harian burung mantenan, bisa memberikan jangkrik setiap pagi dan sore hari, secukupnya saja, sehingga burung menjadi rajin berkicau dan selalu dalam keadaan sehat.

  • Kroto untuk mantenan

2 -3 kali dalam seminggu burung mantenan diberikan pakan berupa kroto untuk meningkatkan birahi dan stamina burung, sehingga dapat meningkatkan stamina dan vitalitas burung dan membuat burung sehat dan rajin bunyi.

  • Ulat Hongkong untuk Mantenan

Ulat hongkong memiliki efek menghangatkan ketika di konsumsi burung, sehingga cocok di berikan ketika musim hujan atau musim dingin, dan bagus juga untuk merontokan bulu bulu ketika burung memasuki masa moulting, agar bulu tuanya cepat rontok.

Lihat Juga : Harga Burung Mantenan

  • Pisang untuk Burung Mantenan

Selain pakan hewani, burung mentenan juga menyukai makanan dari buah-buahan, seperi buah pepaya, buah pisang dan buah-buahan lainnya.

  1. Vitamin Burung Mantenan

Ketika hidup di alam liar, burung mantenan bisa mengkonsumsi apa saja yang mereka suka, namun ketika di perlihara dalam kandang/sangkar, burung hanya mengandalkan dari pemiliknya.

Agar burung tidak kekurangan mineral, vitamin dan protein, maka vitamin burung bisa menjadi asupan tambahan, sebagai jaga-jaga burung kekurangan mineral dan vitamin, maka multivitamin bisa di berikan pada burung mantenan.

  1. Mandikan Burung Mantenan

Sebelum di mandikan burung di gantang di sekitar tempat yang akan dijadikan tempat mandinya untuk menyesuaikan suhu lingkungan.

Memandikan juga, selain dapat membersihkan bulu dan kulitnya, bermanfaat untuk membantu proses menjinakan burung.

  1. Menjemur Burung Mantenan

Setelah dimandikan, burung di anginkan-anginkan beberapa menit hingga bulunya yang basah menjadi kering kembali, setelah itu burung mantenan di jemur selama 1 jam lamanya.

  1. Jagar Kebersihan Sangkar

Sangkar kotor oleh kotoran burung itu sendiri dan juga sisa pakan yang berceceran di bawah sangkar bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Agar burung terhindar dari penyakit, maka bersihkan ketika sangkar sudah terlihat kotor, dan dengan menjaga kebersihan sangkar bisa membuat burung menjadi nyaman ketika tinggal di dalam sangkar.

Leave a Comment