fbpx

Burung lovebird Jarang ngekek dan Mendadak Galak

Burung lovebird menjadi rajin bunyi menjadi suatu hal yang di idam-idamkan, banyak para lovebirdmania yang melakukan perawatan untuk mmebuatnya menjadi rajin ngekek.

Dan tentunya untuk mencapai lovebird menjadi rajin bunyi membutuhkan perawatan yang rutin yang bisa memakan waktu.

Namun, apa jadinya jika lovebird peliharaan anda mendadak malas bunyi dan galak ?

Ya tentunya hal tersebut dapat membuat pemilik burung menjadi pusing karenanya.

Penyebab Lovebird Galak dan Jarang Bunyi

Lovebird menjadi galak dan jarang bunyi biasanya di sebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Over birahi
  • Terlalu lama di jemur
  • Pemberian ekstrafooding berlebihan
  • Kurang dimandikan
  • Dipelihara selalu sedirian tanpa pasangan

Lihat Juga : Suara Burung Lovebird

Hal admin sampaikan di atas merupakan beberapa hal yang kemungkinan terjadi pada lovebird peliharaan, termasuk bisa terjadi pada lovebird yang sedang anda pelihara.

Untuk membuat lovebird menjadi rajin bunyi dan tidak galak kembali, maka untuk perawatannya perlu di ubah, hingga burung lovebird tersebut pulih kembali normal.

Cara Merawat Lovebird Jarang Bunyi dan Mnedadak Galak

Mungkin saja lovebird peliharaan rekan-rekan di rawat tersebut dilakukan dengan cara yang tidak tepat, seperti yang telah di sampaikan di atas.

Untuk itu berikut adalah tips untuk mengatasi lovebird mendadak galak dan malas bunyi.

  1. Berikan Pasangan atau Mainan

Hidup terlalu lama sendiri tanpa pasangan dapat membuat lovebird menjadi mendadak galak dan malas bunyi.

Untuk itu ketika di rawat, burung di berikan pasangan, paling tidak tidak belum memiliki buget untuk membeli lovebird untuk pasangannya, kasih mainan untuk membuatnya tidak jenuh kesehariannya.

Cara ini merupakan cara mujarab untuk mengatasi lovebird galak karena terlalu lama sendiri ketika di pelihara dengan memberikan pasangan, simpan burung jantan dan betina secara berdekatan ketika malam hari, dan pada siang hari lovebird idi pisahkan agar mau ngekek kembali.

  1. Mandikan Lebih Sering

Burung dimandikan lebih sering dari biasanya, karena salah satu penyebab burung mendadak galak dan malas bunyi, bisa di sebabkan oleh kurangnya dimandikan.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Kusumo

  1. Kurangi jemur

Untuk penjemuran , cukup dilakukan selama 30 – 60 menit saja pada saat melakukan terapi ini, karena jika dilakukan teralalu lama dapat membuat birahinya cepat naik.

Untuk penjemuran lovebird, bisa menggunakan sangkar harian atau kandang umbaran, lalu di simpan di tempat yang sejuk ketika selesai di jemur.

  1. Pakan

Pakan harian di berikan cukup milet putih saja, dan untuk pakan seperti jagung muda atau kangkung , cukup di berikan 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

  1. Perawatan sore hari

Ketika sore hari, lovebird bisa dimandikan kembali, lalu di angin-anginkan dan krodong sangkarnya agar burug beristirahat yang cukup ketika malam hari.

Namun, masih kurang cukup dan memungkinkan, lovebird bisa dimandikan kembali ketika malam hari.

Leave a Comment

error: Content is protected !!