Cara Merawat Burung Kolibri Ninja Mabung Agar cepat Selesai

cara merawat burung kolibri mabung

Burung kolibri ninja mengalami proses mabung menjadi hal yang akan terjadi pada burung tersebut. Namun sebagai pemilik burung tersebut tentunya melakukan perawatan Khusus terhadap burung tersebut yang sedang mabung perlu di sesuaikan, karena jika salah memberikan perawatannya, proses mabung tidak bisa berjalan dengan semestinya yang di tandai dengan mabung terlalu lama, pertumbuhan bulunya tidak sempurna yang terlihat jelek dan tidak terlihat rapih mengkilap seperti yang seharusnya.

Ketika mabung, burung kolibri ninja menjadi lebih sensitif dari biasanya dan lebih banyak berdiam diri dan tidak mau melakukan banyak aktifitas dan juga membutuhkan tempat tertentu untuk bisa beristirahat dengan nyaman dan terbebas dari gangguan dari hal lainnya, dan juga tidak membutuhkan perawatan ketika akan di gacorkan.

 Cara Merawat Burung Kolibri Ninja Mabung

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk merawat burung kolibri mabung, tinggal merubah pola perawatan saja dan lakukan secara tepat dan rutin, maka tinggal menunggu waktu bulu baru akan muncul kembali dengan sempurna,antara lain untuk melakukannya seperti :

  1. Jangan mandikan dan jemur burung

Aktifitas memandikan dan menjemur burung kolibri pada saat mabung di hentikan terlebih dahulu hingga pertumbuhan bulu barunya sudah mulai terlihat lebat.

Menjemur burung ketika kolibri mulai merontokan bulunya akan membuat bulu lamanya sulit untuk rontok, dan tentunya akan menghambat dan membutuhkan waktu lama untuk membuat pergantian bulu lama dan barunya.

Selain itu memandikan juga hindari karena dengan tidak memandikannya, proses mabungnya akan terbantu dibandingkan dengan memandikannya yang akan membuatnya terhambat proses mabungnnya tersebut.

  1. Kebutuhan Gizi

Energy burung akan terkuras karena proses perontokan bulu dan juyga pertumbuhan bulunya. Dalam hal ini tentuny agar burung memiliki enrgy yang cukup sehingga membuatnya menjadi lebih segar dan sehat tentunya membutuhkan asupan gizi yang cukup dari pakan yang diberikan atau dengan memberikan Multivimtain khusus burung.

Baca Juga :

  1. Berikan madu Asli

Madu merupakan pakan yang menjadi salah satu makanan favorit bagi burung tersebut, selain itu ketika di berikan pada saat mabung dapat membantu proses perontokan bulu lamanya, karena madu dapat membuat tubuh burung menjadi hangat, karena sifat dari madu itu sendiri panas.

  1. Berikan Kroto lebih banyak

Ketika bulu lama kolibri mulai rontok dan berganti dengan bulu baru yang bermunculan, maka asupan dari kroto berperanan penting untuk pertumbuhan bulu barunya tersebut, karena kandungan protein yang cukup tinggi pada kroto dapat meensuplai kebutuhan protein, sehingga pertumbuhan bulunya tersebut menjadi lancar.

  1. Krodong

mengKrodong kandang memiliki banyak manfaat ketika burung kolibri sedang mabung, agar burung bisa beristirahat dengan full, selain itu selain dapat membuat kandang menjadi lembab yang baik untuk perontokan dan pertumbuhan bulu barunya, penggunaan krodoong juga memiliki manfaat untuk menjaga suhu dari kandang itu sendiri, karena burung tidak memiliki bulu untuk melindungi dari suhu panas dan dingin .

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja Mabung Agar cepat Selesai | duniakicau | 4.5