Ciri-ciri Murai Batu Malaysia, Karakter dan Pola Ekornya

Murai batu memiliki banyak jenis, dari beragam jenis tersebut memiliki ciri-ciri fisik dan kelebihan yang di miliki oleh masing-masing jenis.

Selain terdapat di Indonesia, murai batu juga terdapat di negara lain, seperti thailand, vietnam, Philipina dan Malaysia.

Bukan hanya murai batu yang berasal dari Indonesia yang laris di pasaran, ada juga murai batu Import yang laku dari pasar Indonesia.

Salah satu hal yang membuat murai Import laku di pasar Indonesia, dimana oknum menjual murai batu Import yang melabeli murai batu Import dengan nama murai batu medan.

Ya, murai batu medan salah satu murai batu yang banyak di gemari oleh pecinta burung murai Indonesia, karena memiliki gaya dan suara kicauan yang sangat bagus, terlebih murai batu import ada yang memiliki fisik yang mirip dengan murai batu medan.

Begitu juga dengan murai batu yang berasal dari malaysia, dimana fisiknya memiliki kemiripan dengan murai batu medan.

Ciri-ciri Murai Batu Malaysia

Mengetahui tentang perbedaan dari setiap jenis murai batu tentunya sangat penting, terutama bagi anda yang ingin memelihara murai batu dengan jenis tertentu, agar tidak salah beli, entah itu karena salah pilih atau karena di tipu oleh oknum penjual burung.

  1. Ekor Murai Batu Malaysia

Yang menjadikan murai batu malaysia memiliki daya tarik adalah ekornya, ekor burung murai malaysia lebih panjang dari murai batu mendan, meskipun untuk ciri fisiknya sangat mirip.

Jika murai batu medan, memiliki panjang maksimal ekor 27 cm ( meskipun jarang ada) dan juga ada murai medan memiliki ekor yang lebih pendek dari itu, panjangnya hampir sama dengan murai batu borneo yang berasal dari kalimantan.

Berbeda halnya dengan murai batu malaysia, memiliki panjang ekor maksimal sepanjang 35 cm.

Ciri ekor murai batu malaysia tipis dan kecil, sedangkan untuk untuk ekor murai batu medan tebal dan daun ekornya lebar.

  1. Postur Murai Batu Malaysia

Perbedaan murai batu malaysia dan murai medan adalah ciri fisiknya, dimana murai batu malaysia postur tubuhnya tidak berisi dan kecil, sedangkan untuk murai batu medan memiliki bentuk tubuh yang padat berisi dan proporsional, sehingga lebih terlihat garang dan gagah.

  1. Mental Murai Batu Malaysia

Mental murai batu malaysia memang tangguh, terutama ketika sedang bertarung, namun kekurangan burung murai malaysia, dimana ketika bertarung akan mudah lelah atau gembos, karena terbebani oleh ekornya yang panjang.

Namun, meskipun begitu, ekor murai batu malaysia menjadi daya tarik karena terlihat anggun dan indah.

  1. Mampu Menirukan Suara Burung Lain

Kelebihan murai batu malaysia adalah mampu menirukan suara burung lainnya, sehingga mudah untuk di master dan mampu memiliki banyak variasi kicauan dengan cepat.

Demikian penjelasan tentang ciri-ciri murai batu malaysia dengan melihat pola ekor, karekter dan kelebihan dan kekurangannya.

Ciri-ciri Murai Batu Malaysia, Kelebihan, kekurangan, Pola Ekor, Karakter, Postur tubuh dan informasi lainnya.

Leave a Comment