Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli dan Pola Ekornya

Jenis murai batu medan terkenal sekali akan kemampuan berkicau dan gaya bertarungnya yang unik, dan tak heran banyak orang yang tertarik untuk memiliki murai batu yang satu ini.

Namun sayangnya untuk mengetahui murai batu yang asli cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi seorang pemula.

Selain itu, banyak juga jenis murai batu medan hasil kawin silang dengan jenis murai batu yang berasal dari lain yang menghasilkan jenis murai batu baru.

Belum lagi, banyak oknum penjual yang melabeli murai batu medan, padahal jenis murai lain demi meraup keuntungan dan merugikan calon pembeli.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan dan Pola Ekornya

Setiap murai batu, memiliki kelebihan, kekurangan dan ciri fisik yang berbeda-beda, meskipun perbedaannya tidak begitu mencolok, dan berikut adalah ciri fisik murai batu medan dan pola ekornya.

  1. Fisik dan Mental Murai Batu Medan

Fisik murai medan memiliki penampilan yang elegan dan gagah, serta memiliki mental petarung yang agresif dan tangguh.

  1. Suara Murai Medan

Suara murai medan enak di dengar dengan rata-rata suara kicauannya yang keras dan volume suaranya besar alias ngebass.

apalagi murai batu medan memiliki suara materi suara tembakan air terjun, dimana suaranya terkesan menggulung atau ngeroll.

Dengan perpaduan suara alam yang nyaring, serta suara yang keras ( ngebass ), dan melengking membuat suaranya terdengar harmonis dan begitu merdu.

  1. Kaki Murai Medan

Kaki murai batu medan tidak ada ciri khusus, karena murai medan memiliki warna kaki yang berbeda, seperti warna merah gelap, merah muda, merah semu kehitaman dan ada juga yang bewarna hitam pekat tapi jarang.

  1. Warna Bulu Murai Medan

Terdapat warna bulu hitam yang kebiruan ketika terkena sinar matahari pada tubuh bagian punggung, leher dan kepalanya.

Warna bulunya pada dadanya bewarna coklat muda atau coklat tua.

  1. Postur Tubuh Murai Medan

Postur tubuh mudai batu medan panjang dan besar seta di barengi dengan tubuh yang proporsional sehingga terkesan gagah, atletis dan kekar.

Ada yang menyebutkan ukuran murai batu medan ada yang kecil.

jika anda pernah mendengar hal tersebut sebenanrnya itu hanya anggapan oknum penjual murai baru import saja, agar murai batu import jualanannya tersebut yang memiliki pola ekor, mental, dan karakter mirip seperti murai medan laku di pasaran dengan mengklaim murai batu import tersebut jenis murai batu medan.

  1. Pola Ekor Murai Batu Medan

pola ekor murai batu medan

Pada umumnya, rata-rata ekor murai medan memiliki ukuran sepanjang 19- 25 cm, dan ada juga murai medan yang memiliki ukuran yang lebih panjang dari itu, serta memiliki lebar yang lebih besar.

Bentuk ekor murai batu rata-rata bentuknya melengkung dan ada juga yang bentuk ekornya yang lurus tapi tidak terlalu panjang ukurannya.

Untuk pola ekor murai medan memiliki bentuk pola, U, V dan W, dengan warna lidi putih dan hitam.

  1. Kepala Murai Medan

Bentuk kepala murai medan besar dan ceper atau pakan tapi proporsional serta memiliki penampilan yang terlihat sangar yang di sertai dengan tatapan mata sangar, mata besar melotot, lehernya yang jenjang yang terkesan bentuk kepalanya tersebut akan mengintimidasi.

Meskipun begitu, ada juga murai medan yang memiliki bentuk kepala yang bulat.

Demikian penjelasan tentang Ciri-ciri fisik murai batu medan asli serta melihat dari pola ekornya.

Leave a Comment