Cara Merawat Murai Batu Mabung Agar Cepat selesai

Murai batu mabung menjadi salah satu perawatan burung kicauan, dimana perawatan tersebut dilakukan guna untuk membuat kondisi mabung tersebut menjadi nyaman bagi burung itu sendiri, sehingga ketika melewati masa mabung tersebut , burung mampu menyelesaikannya dengan baik, seperti yang seharusnya tanpa ada hambatan yang berarti.

Dan tentunya untuk membuat kondisi mabung tersebut berjalan dengan baik seperti pada semestinya, tentunya dalam merawat murai batu saat mabung tidak bisa disamakan ketika ingin membuatnya menjadi rajin berkicau.

Jika merawat burung murai batu dalam kondisi mabung dengan perawatan untuk membuatnya menjadi gacor, maka akan menghambat proses mabung tersabut, seperti mabung terlalu lama, mabung stress, macet bunyi dan berbagai macam hal lainnya yang tidak di inginkan oleh pemilik burung.

Cara Merawat Murai Batu Mabung

yang akan terjadi pada saat burung murai batu mabung adalah dimana aktifitas harian yang rajin gacor dan aktif bergerak, maka ketika mabung terjadi pada murai batu akan membuatnya lebih banyak berdiam diri dan membutuhkan kenyamanan agar burung tersebut menikmati proses mabungnnya tersebut sehingga membuat burung bebas hambatan, seperti stress, karena dalam kondisi mabung , burung lebih sensitive dari biasanya.

  1. Full Krodong

Istirahat secara full menjadi suatu hal yang harus di dapatkan pada murai batu yang sedang mabung. Dengan menggunakan krodong, maka akan membuat burung bisa beristirahat dengan total, selain itu juga dengan menggunakan krodong pada kandang murai batu yang sedang mabung untuk menjaga suhu badan burung murai batu dan membuat burung tidak kedinginan dan juga kepanasan yang di sebabkan oleh lingkungan.

  1. Jangan Memandikan

Pada saat ngurak atau rontok bulu, maka hindari untuk memandikannya. Namun mandikan murai batu ketika mulai dorong ekor hingga rampung yang di barengi dengan tumbuhnya banyak bulu di badannya.

Baca Juga :

  1. Pakan

Ketika bulunya mulai rontok maka berikan pakan dari Voer secara total dan berikan pakan dari jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi dan sore hari.

  1. Masteran

Kondisi sering diam dan tidak melakukan banyak aktifitas, menjadi suatu hal yang penting untuk melakukan masteran pada burung murai batu yang sedang mabung.

Untuk melakukan masteran bisa dengan menempel burung lainnya yang di dekatkan pada sangkar murai batu yang sedang mabung yang di krodong. Adapun suara masteran yang bisa di gunakan antara lain, seperti burung lovebird, burung sirindit,ciblek, burung pelatuk dan jenis burung lainnya.

Dekatkan burung murai batu yang di krodong tersebut dengan masterannya secara bergantian, misalkan di minggu pertama di master dengan menggunakan burung lovebird, maka untuk minggu ke 2 menggunakan burung lainnya dan juga seterusnya.

Adapun jika tidak memungkinan untuk menggunakan mastering dengan burung langsung, maka sebagai alternatifnya, bisa dengan menggunakan suara masteran burung dalam Format Mp3 yang bisa di download yang telah admn sediakan.

  1. Suplementasi

Ada beberapa produk yang di khususkan untuk burung yang sedang mabung, seperti produk untuk merontokan bulu burung  dan juga dengan suplemen khusus untuk membantu pertumbuhan bulu burung tersebut, sehingga selain dapat tumbuh dengan semestinya, kualitas bulunya menjadi kuat, mengkilap dan rapih.

Jadi bagi yang tidak mau pusing dan juga khawatir burungnya mabung terlalu lama, maka bisa gunakan suplemen tersebut yang bisa di beli di iinternet atau kios burung terdekat anda.

Lihat juga : Download Kumpulan Suara Burung Masteran Mp3

Leave a Comment