fbpx

Cara Merawat Burung Sikatan Londo/Nightingale Agar Rajin Berkicau

Burung sikatan londo terkenal sekali dari kalangan pecinta burung karena kicauannya yang sering di kaluarkan oleh burung sikatan pada malam hari.

Burung sikatan londo juga dikenal dengan burung Nightingale, yang artinya “malam”, karena burung sikatan londo tersebut gemar berkicau di malam hari.

Ya, nama Nightingale merupakan nama yang di ambil dari perilaku burung tersebut yang suka berkicau pada malam hari untuk menarik pasangannya.

Suara kicauan burung kicauan londo memang terdengar merdu dengan vareasi kicauan yang bagus, mirip seperti burung murai batu.

Suara khas tembakan, ngerol, rapat dan cepat menjadi ciri khas kicauan yang bisa di keluarkan oleh sikatan londo.

Perawatan Burung Sikatan Londo

Ketika hidup di alam liar, burung akan mencari makanan di dasar sangkar untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan dan hal lainnya, sehingga burung akan rajin mengeluarkan kicauannya.

Lihat Juga : Download Masteran Sikatan Londo

Namun, ketika burung sikatan londo di pelihara di dalam sangkar, tentunya segala kebutuhan burung harus terpenuhi, maka itu berikut tips untuk memelihara burung sikatan londo yang bisa kalian coba terapkan dalam perawatannya.

  1. Pada pagi hari, sekitar pukul 04.00 atau 05.00 burung di embunkan dan biarkan burung berkicau dan mengeluarkan suaranya yang lantang
  2. Berikan makanan ekstrafooding seperti ktoto dan jangkrik setiap harinya, karena pakan yang mengandung protein dari hewani dapat membuat sikatan londo menjadi rajin berkicau
  3. Multivitamin bisa di berikan dengan cara mencampurkannya kedalam air minum
  4. Dalam penyimpanannya, burung di jauhkan dari hewan predator, seperti kucing, tikus, anjing dan hewan pengganggu lainnya
  5. Mandikan sikatan londo ketika matahari sudah terlihat mau terbit sekitar jam 07.00
  6. Burung di jemur secukupnya sekitar 30 – 40 menit

Baca Juga : Kisaran Harga Sikatan Londo

  1. Sebaiknya berikan pakan voer, dan jika burung belum terbiasa makan voer, maka bisa di latih terlebih dahulu dengan cara mencampurkan voer ke pakan ekstafooding seperti mencampurkan kroto, jangkrik dan pakan lainnya

Leave a Comment