Cara Merawat Burung Cucak Biru Agar Rajin Berkicau

Dalam merawat burung memang gampang-gampang susah, gampang bagi yang sudah berpengalaman , tapi susah untuk dilakukan oleh seorang pemula.

Begitu juga dengan perawatan burung cucak biru, perlu penyesuaian dalam hal perawatannya, sesuai dengan karakter dan kebiasaan burung itu sendiri, sehingga perlakuan dalam merawat cucak biru oleh pemiliknya membuat burung memiliki kondisi terbaiknya.

Cara Merawat Burung Cucak Biru

Dalam perawatan burung cucak biru agar aktif dan rajin untuk berkicau, tentunya burung tersebut harus dalam keadaan sehat terlebih dahulu, adapun hal yang dapat mempengaruhi burung selalu sehat antara lain, seperti menjaga kesehatan burung dan pengaruh pemberian pakan.

  1. Perawatan Harian Cucak Biru

Seperti pada burung lainnya, untuk membuat burung menjadi sehat adalah dengan menjaga kebersihan burung, seperti rajin memandikan dan membersihkan kandang, tempat pakan dan juga tempat minum.

Setiap hari burung di mandikan, bisa 1 kali sehari atau 2 kali dalam sehari yang dilakukan pada saat pagi hari dan sore hari, setelah dimandikan burung dijemur hingga bulu burung cucak biru tersebut menjadi kering kembali.

Lihat Juga : Harga Burung Cucak Biru

  1. Setting pakan Harian

Pakan yang diberikan dengan jumlah yang cukup dan tepat, dapat membuat burung menjadi rajin berkicau setiap harinya, dan untuk mengatur pola makan burung cucak biru, antara lain :

  • Setiap hari, burung di berikan pakan jangkrik sekitar 2 sampai 4 ekor
  • Berikan 2 sendok teh setiap hari yang bisa diberikan pagi atau sore hari
  • Karena burung cucak biru merupakan jenis burung pemakan buah-buahan juga untuk melengkapi gizinya, dan untuk memilih buah-buahan apa yang ingin diberikan, rekan-rekan bisa memberikan buah pir, jeruk, pisang, mangga, buah ara

Selain memberikan pakan harian, setiap hari burung juga di berikan multivitamin untuk melengkapi kebutuhan asupan vitamin harian burung.

Lihat Juga : Suara Burung Cucak Biru

Nah, demikianlah tips perawatan burung cucak biru yang bisa kalian coba lakukan sekarang juga untuk membuat burung cucak biru kesayangannya menjadi aktif dan menjadi rajin untuk berkicau.

Asalkan rutin dalam melakukan perawatan, lambat laun nanti burung cucak biru anda menampilkan kemampuan berkicaunnya dengan baik.

Leave a Comment

error: Content is protected !!