Perawatan Burung Kutilang Sutra Agar Gacor Maksimal

Burung kutilang sutra tergolong burung yang mudah untuk di pelihara dan mudah untuk gacor, namun kualitas suara yang bisa di keluarkan oleh kutilang sutra memang bagus, seperti nyaring, keras volumenya dan ketika sedang ngeriwik mampu mengeluarkan suara yang ngerol dengan variasi suara kicauan yang banyak.

Ya, meskipun mudah untuk di rawat, kutilang sutra juga burung pemberian pakan dan perawatan yang tepat, dan jika sudah mendapatkan perawatan dengan cara yang tepat, nantinya burung kutilang sutra dapat gacor dengan sendirinya sepanjang hari dengan sendirinya.

Cara Merawat Kutilang Sutra

Burung agar terpancing menjadi rajin berkicau tentunya di sebabkan oleh perawatan yang tepat, untuk itu dalam melakukan perawatan ini harus konsisten.

Lihat Juga : Download Suara Kutilang Emas

  1. Pengembunan Kutilang Sutra

Pengembuanan pada pagi hari sebelum matahari terbit merupakan kondisi yang di sukai burung ketika di alam liar, dan burung akan sering berkicau bersautan satu sama lainnya.

Begitu juga dengan burung kutilang sutra, selain sehat untuk penafasan burung, dengan pengembunan juga bermanfaat untuk membuat burung berkicau dengan lantang atau ngeplong, sehingga burung nantinya menjadi rajin untuk bunyi.

  1. Makanan Kutilang Sutra

Kutilang sutra bisa di berikan makan berupa serangga dan buah-buahan, dan untuk makanan yang biasa di konsumsi kutilang sutra antara lain :

  • Sawo
  • Pisang kepok
  • Apel
  • Pepaya
  • Voer
  • Ulat hongkong
  • Jangkrik

Baca Juga : Jenis Burung Kutilang

  1. Mandi dan Jemur

Setiap pagi kutilang sutra di mandikan dan di jemur, untuk memandikannya bisa di mulai pada jam 07.00 setelah matahari pagi terbit, lalu burung di biarkan didis beberapa menit, sambil memberikan jangkrik sebanyak 3 – 5 ekor, lalu di jemur selama 1 – 2 jam lamanya pada jam 07.00 – 10.00 pagi.

  1. Perawatan Siang Hari

Ketika siang hari, kutilang sutra jangan di krodong sangkarnya karena bisa membuat burung tidak nyaman, tapi biarkan terbuka saja, dan biasanya setelah di mandikan dan di jemur, burung akan semakin rajin untuk berkicau.

  1. Perawatan Sore dan Malam Hari

Ketika sore hari pada jam 17.00, sangkar burung bisa di bersihkan kembali dari kotorannya, dan berikan kembali 3 – 5 ekor jangkrik, dan jika hujan, berikan kembali ulat hongkong sebnyak 7 ekor.

Ketika malam hari, sangkar bisa di krodong untuk menjaga suhu sangkar stabil, sambil memutar suara masteran 1 – 2 jam, sdan biarkan kutilang sutra berisitahat dengan cukup.

Sekian penjelasan kali ini yang kami bagikan seputar perawatan kutilang sutra agar menjadi rajin berkicau dan bervariasi suara kicauannya.

Leave a Comment