Cara Merawat Burung Cucak Keling Agar Bersuara Keras dan Lantang

Burung cucak keling atau burung yang memiliki nama asli asian glossy starling (Aplonis panayensis) dan burung perling kumbang ini memiliki warna bullu hitam legam dengan sorot mata yang tajam dan bewarna merah.

Selain penampilan tubuhnya yang menawan, burung cucak keling juga memiliki suara kicauan yang bagus, dan banyak dari kalangan kicau mania Indonesia pelihara sebagai burung masteran untuk burung lainnya.

Suara kicauan yang khas seperti suara tembakan burung cucak keling mirip dengan suara burung cililin dan juga memiliki kicauan yang terdengar tajam.

Namun, tentunya tidak semua burung cucak keling memiliki suara yang tajam dan suara tembakan yang khas, karena ada beberapa cucak keling yang bersuara tidak keras dan hanya ngeriwik saja.

Untuk itu jika rekan-rekan kicaumania yang ingin membuat burung cucak keling memiliki suara yang gacor dan juga bersuara keras dan lantang, maka berikut adalah tips untuk merawatanya.

Ketika di alam liar, burung cucak keling termasuk burung yang cerewet alias rajin bunyi, terutama ketika sedang bersama kelompoknya.

Dan tentunya ketika burung cucak keling memiliki suara yang pelan dan hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja, tentunya ada penyebabnya.

Lihat Juga : Daftar Harga Cucak Keling

Penyebab Cucak Keling Ngeriwik

  • Burung masih proses belajar berkicau, dan biasanya burung cucak keling yang masih muda yang bisa di lihat dari bulunya yang masih banyak coretan hitam pada tubuh bagian bawahnya
  • Cucak keling kurang terawat, terutama kurangnya asupan pakan dari ekstrafooding
  • Burung tidak terpancing oleh burung lain atau faktor lingkungan terlalu tenang
  • Terkena penyakit tertentu, seperti penyakit kutu

Cara Merawat Burung Cucak Keling

Untuk membuat burung cucak keling rajin mengeluarkan suaranya, maka perlu di rawat dengan cara yang tepat dan konsisten, seperti :

  • Rajin di embunkan pada hari sekitar jam 05.00 – 06.00 sambil memberikan 1 sendok teh kroto
  • Mandikan cucak keling setelah di embunkan,dan berikan 3 -5 ekoer ulat hongkong dan 3 – 5 ekor jangkrik dan setelah itu burung di jemur
  • Burung di master dan di pancing dengan burung lainnya yang sudah gacor atau bisa menggunakan suara Mp3 cucak keling, Lihat Juga : Download Suara Cucak Keling Mp3 .
  • Agar terus terpancing mau rajin bunyi, cucak keling di simpan di tempat yang ramai
  • Berikan kembali 3 ekor jangkrik dan ulat hongkong pada sore hari
  • Masukan kedalam rumah mejelang malam hari sambil memberikan kroto 1 sendok teh
  • Untuk penyimpanan pada malam hari, cucak keling jangan di krodong, tapi di simpan dekat dengan burung peliharaan lainnya

Lakukan perawatan yang rutin setiap harinya dan konsisten, dan nantinya lambat laun, burung akan mengeluarkan suara terbaiknya.

Leave a Comment