Ciri-ciri dan Perbedaan Burung Mantenan Jantan dan Betina

Maraknya banyak orang yang memelihara burung peliharaan menjadikan banyak jenis burung kecil laku di pasaran, salah satunya burung mantenan.

Dulu, burung mantenan kurang di lirik dari kalangan pecinta burung, namun untuk sekarang ini burung mantenan sering banyak di pelihara sebagai burung masteran karena memiliki suara speed rapat yang bagus untuk memaster burung lainnya sebagai suara isian untuk menambah variasi suara kicauan burung yang di master dan memiliki warna burung yang indah sebagai burung hias karena keindahan warnanya.

Daftar Isi

Ciri-ciri Burung Mantenan Jantan dan Betina

Mengetahui perbedaan jenis kelamin burung mantenan jantan dan betina tentunya sangat bagus untuk menentukan jenis kelamin seperti apa yang akan di pilih, karena secara kualitas suara kicauan jantan lebih bervariasi dan nyaring dibandingkan dengan betina.

Lihat Juga : Cara Merawat Burung Mantenan

  1. Bulu Burung Mantenan

Perbedaan warna bulu jantan dan betina burug mantenan terlihat sangat menceolok antara jantan dan betina.

Dimana warna bulu jantan hitam dan orange yang mengkilap, semakin dewasa umur mantenan jantan maka warnanya akan kemerahan.

Berbeda halnya dengan warna bulu betina burung mantenan, dimana bulunya lebih ke abu-abu/ hitam pudar dan warna kuning.

Begitu juga warna bulu pada bagian lehernya, dimana jantan warna bulunya lebih gelap, sedangkan bulu leher betina cerah.

Lihat Juga : Suara Burung Mantenan Jantan Mp3

  1. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh jantan burung mentenan lebih panjang dan besar, sedangkan ukuran tubuh betina kecil dan agak bulat, tidak sepanjang jantan.

Itulah beberapa ciri-ciri perbedaan burung mantenan jantan dan betina dengan  melihat dari sisi fisik dan suaranya yang bisa Duniakicau.net sampaikan.

Lihat Juga : Harga Burung Mantenan

Semoga membantu.

Leave a Comment