Cara Memaster Burung Kicauan Menggunakan Mp3 dan Burung Langsung

Mastering pada burung kicauan merupakan hal penting untuk dilakukan, entah itu bagi burung yang masih belajar berkicau atau ingin meningkatkan vareasi suara burung.

Namun, dalam merawat burung setiap kicaumania memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan mastering, ada yang memilih menggunakan burung langsung dan ada juga yang lebih memilih menggunakan suara Mp3.

Dari setiap cara tersebut, entah itu menggunakan burung langsung dan menggunakan Mp3 memiliki keunggulan tersendiri, seperti menggunakan mp3 yang bisa memilih banyak suara burung dan bisa mengulang jenis suara yang sama dalam setiap melakukan masteringnya.

Penyebab Gagal Melakukan Mastering

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang melakukan mastering, ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui, seperti beberapa penyebab gagalnya dalam melakukan mastering pada burung, meskipun cara yang dilakukan tersebut dilakukan dalam waktu yang lama.

  1. Adanya gangguan

Kenyamanan burung ketika mendengarkan suara masteran merupakan hal penting untuk di perhatikan, karena ketika burung sudah nyaman dan fokus mendengarkan irama kicauan dari masterannya, maka suaranya ada mudah di hafal oleh burung yang sedang dimaster.

Namun, berbeda halnya ketika burung sedang mendengarkan suara masteran banyaknya gangguan, seperti sering banyak lalu lalang manusia di dekat sangkar burung , suara yang berisik seperti suara kendaraan atau suara anjing, maka boro-boro burung bisa hafal irama kicauan masterannya, yang ada malah burung tidak fokus dan tidak nyaman.

  1. Suara Yang Terlalu Dekat

Para kicaumania pemula biasanya akan memperdengarkan suara masteran yang terlalu dekat pada burung yang sedang di master. Namun, jika dilakukan pada burung yang sudah dewasa maka burung yang dimaster tersebut akan merasa terganggu daerah teritorialnya, sehingga burung tidak nyaman karenanya, meskipun ketika sedang melakukan masteringnya menggunakan krodong.

Jadi, untuk burung dewasa, sebaiknya lakukan mastering dengan sumber suara masterannya agak jauh.

Berbeda halnya dengan burung yang masih anakan, yang masih berumur sekitar 1 bulan, dimana di saat melakukan mastering dengan suara dekat tidak masalah, dan biasanya burung akan lebih mudah menghafal irama kicauan masterannya.

  1. Kualitas Mp3 tidak Bagus

 Kualitas suara masteran yang tidak jelas, seperti cempreng, penuh dengan noise, sember dan suara lainnya yang tidak terdengar jelas menjadi salah satu penyebab gagalnya melakukan mastering

Jadi, ketika rekan-rekan memutar suara masteran dengan suara yang tidak jelas, maka bisa membuat burung tidak fokus dalam mendengarkannya, dan dari setiap irama kicauan masteran mp3 tidak terdengar jelas dan tidak nyaman untuk di dengar.

Cara Memaster Burung Menggunakan Burung Langsung

Menggunakan burung langsung yang sudah gacor untuk melakukan mastering menjadi salah satu cara yang cukup banyak diminita oleh kalangan kicaumania, akan tetapi untuk melakukannya, rekan-rekan harus mengeluarkan biaya yang besar, karena mengingat untuk harga burung yang sudah gacor memiliki harga yang lebih mahal, kecuali anda memiliki buget lebih atau memiliki rekan yang memiliki burung masteran yang bisa digunakan untuk mastering.

Untuk melakukannya mastering menggunakan burung langsung agar efektik dan mendapatkan hasil yang optimal, maka berikut adalah tips untuk melakukannya, sperti :

  • Tempatkan burung yang mau di master dengan burung masterannya, dengan memberikan jarak yang tidak terlalu dekat
  • Gunakan krodong pada burung yang dimaster, agar tidak bisa melihat burung masterannya, dan bisa fokus untuk mendengarkan suara masterannya
  • Lakukan mastering dengan menggunakan 1 sampai 2 jenis burung masteran yang dilakukan secara rutin sekitar 1 bulan lamanya
  • Ketika suara masteran satu sudah masuk, maka gunakan suara masteran lainnya agar lebih banyak vareasi suara kicauannya

Mastering Burung Menggunakan Media Mp3

Menggunakan media Mp3 untuk melakukan mastering tidak kalah penting untuk dilakukan, karena caranya yang cukup simple dan berbagai macam keunggulan lainnya, seperti bisa dengan bebas memilih suara masteran, lebih hemat biaya, memutar suara yang sama dalam setiap melakukan mastering dan lain sebagainya.

Untuk memilih jenis suara burung yang di inginkan, maka rekan-rekan bisa memilihnya di halaman yang telah di sediakan Duniakicau.net . Lihat Juga : Download Kumpulan Suara Burung Mp3 .

Namun, sebelum memutar suara masteran burung dengan menggunakan Mp3 sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tentang cara yang tepatnya, seperti :

  • Gunakan suara masteran dengan kualitas suara yang jernih, bersih dan jelas
  • Atur volumenya agar suara yang dihasilkan tidak terlalu kencang dan pecah suaranya, sehingga burung menjadi tidak nyaman
  • Jangan menyimpan sumber suara masteran dengan jarak yang terlalu jauh, sebaiknya simpan tepat di bawah sangkar burung

Jika sudah memiliki suara burung yang di inginkan dengan mendownloadnya dan mengetahui cara yang tepat, maka berikut adalh cara melakukan masteringnya.

  • Dalam setiap mastering, hanya menggunakan 3 jenis suara dan tidak boleh lebih. Jika suara masterannya sudah masuk, maka tinggal mastering dengan jenis lainnya
  • Dalam setiap sesi melakukan mastering selama 10 menit, berikan jeda sekitar 3 sampai 5 menit
  • Lakukan masteraing burung sekitar siang dan sore hari
  • Lakukan mastering selama 1 sampai 2 bulan, hingga burung bisa menirukannya

Leave a Comment